×

Tutorial & Life Style

3 bahaya Yang Timbul Akibat Tidur Lama Tidur

NayMa • 6 bulan yang lalu

Aktivitas tidur itu pasti diperlukan banget oleh semua manusia. Karena setelah beraktivitas seharian, manusia pasti akan merasakan lelah yang sangat. Karena itu untuk mengisi ulang tenaga, semangat dan mood kita, maka kita butuh banget buat tidur. Durasi buat melakukan hal yang satu ini juga nggak bisa seenaknya aja. Nggak boleh lebih, tapi juga nggak bisa kalau kurang. Dengan porsi yang pas tersebut, akhirnya tubuh kita bisa kemmbali merasa segar. 

Kurang tidur bisa mengakibatkan kita nggak sehat. Akibatnya aktivitas keseharian kita juga akan nggak lancar. Hal seperti ini pasti sudah jadi rahasia umum kita semua. Tapi tahukah kawan kalau ternyata nggak cuma kekurangan jam tidur aja. Bahkan kelebihan jam tidur juga sukses membawa pengaruh buruk bagi kita. Nggak percaya, yuk kita lanjut baca dibawah ini sampai selesai.

1. Merusak otak kita

Nggak disangka kalau kelebihan jam tidur bisa berakibat buruk pada otak kita. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa porsi tidur yang salah, entah itu terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak tujuh tahun lebih cepat. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa otak akan menurunnya kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru, susah fokus, dan sulit menerima informasi.

2. Penyakit jantung

Jika kita kurang tidur atau kelebihan tidur, maka akan meningkatlah risiko terjadinya kekurangan pasokan oksigen yang menuju jantung kita. Hal ini tentu akan sangat berbahaya, karena akhirnya kita akan lebih gampang terkena penyakit jantung. Ini persis seperti yang diungkap dalam studi yang dilakukan di Warwick Medical School pada tahun 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Para peneliti juga mengatakan orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam, maka ia 2 kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung, dibandingkan orang yang rutin tidur 7 jam setiap malam.

3. Depresi

Mungkin ada diantara kita yang menilai bahwa karena terlalu beratnya masalah kita, lalu kita bisa menyelesaikannya dengan tidur. Tapi ternyata kenyataan nggak selalu begitu, bahkan nggak begitu sama sekali. Kebanyakan tidur justru malah hanya akan memperlama masalah kita, menambah masalah kita dan lalu memperpanjangnya lebih panjang. Selanjutnya kitapun bisa jadi depresi dibuatnya. Karena itu jika kita dalam masalah, beranilah saja menghadapinya. InshaAllah akan ada waktunya masalah itu kelar. Tidur dan lalu merasa bisa “melarikan diri” dengan tidur hanya akan memperburuk dan memeperumit masalah kita. Dan akhirnya kita sendiripun yang akan repot karenanya.

Meetdoctor.com

Itu tadi beberapa info penting dari kita tentang efek buruk jika kita terlalu banyak tidur. Maka dari itu kasih saja porsi yang pas buat kita istirahat atau tidur yaitu 7- 8 jam sehari, agar badan kita bisa kembali fit dan kita nggak perlu repot dengan PR penyakit yang bakal datang ke kita karena kebanyakan jumlah waktu tidur kita.

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :