×

Food

4 Makanan Khas Solo yang Paling Enak dan Diburu

Liani • 9 bulan yang lalu

4 Makanan Khas Solo yang Paling Enak dan Diburu

Bukan hanya karena ragam kulinernya yang unik saja, makanan-makanan khas yang ada di kota Solo memiliki sensasi rasa yang susah dilupakan. Ragam kuliner Solo lebih dikenal dengan cita rasa yang manis dan gurih seperti masakan Jawa pada umumnya. Meski demikian, cita rasanya melekat di lidah.

 

Nasi Liwet

o

Via Juraganresep.com

Sebenarnya nasi liwet ini porsinya tidak begitu banyak namun porsi yang seperti itulah yang dicari banyak orang untuk sarapan atau makan malam. Satu porsi nasi liwet terdiri dari nasi liwet gurih, telur bacem, ayam suwir atau paha/dada atau ati ampla ayam, sayur pepaya muda dan kuah santan nasi liwet yang disebut dengan areh. Nasi liwet disajikan dalam daun pisang sehingga menambah citarasanya.

 

Tengkleng

l

Via Bonvoyagejogja

Makanan khas Solo yang sangat cocok dijadikan makan siang adalah tengkleng. Kuliner satu ini memang bisa membuat siapa saja ketagihan, terutama bagi para pecinta daging kambing. Tengkleng berbahan utama tulang-tulang kambing dengan daging yang masih sedikit menempel. Tengkleng ini sebenarnya hampir mirip dengan gulai, hanya saja tidak menggunakan santan. Rasanya segar dan gurih.

 

Selat Solo

w

Via Wisatamaniamaniac.blogspot

Selat Solo sebenarnya bukanlah makanan asli dari Solo, melainkan dibawa oleh kolonial Belanda pada masa penjajahan yang diwariskan kepada masyarakat pribumi di Solo. Namanya merupakan plesetan dari kata “Salad”. Selat Solo berisi potongan sayur-sayuran rebus dengan daging cacah, galantin atau daging iga. Kuahnya manis dan sedikit asam dari mayones.

 

Serabi Notosuman

k

Via Jejakmaslufi

Makanan khas satu ini merupakan camilan yang sangat lezat dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Mirip seperti panekuk namun berbahan dasar tepung beras dan santan serta tidak menggunakan minyak, cara memasaknya pun masih sangat tradisional.

Meski di daerah Solo lainnya, Anda masih bisa menjumpai penjaja serabi namun yang citarasanya khas sekaligus tertua di Solo adalah serabi yang ada di daerah Notosuman ini. Itu dia tadi beberapa kuliner khas Solo yang paling banyak dicari. Selain keempat jenis makanan tersebut, masih ada sejumlah kuliner khas Solo yang layak Anda coba seperti sate buntel dan timlo Solo.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :