×

Healthy

Agar Tak Kecanduan Rokok, Perbanyak Minum Susu

Liani • 17 hari yang lalu

Agar Tak Kecanduan Rokok, Perbanyak Minum Susu

Nikotin sering dituding sebagai penyebab para perokok sulit berhenti. akibat adiksi yang ditimbulkan. Padahal kecanduan rokok itu tidak melulu soal nikotin, tapi juga soal panca indera manusia, terutama melalui rasa dan aroma. Artinya ketagihan bisa juga ditumbulkan oleh rasa serta aroma nikmat yang muncul ketika sedang merokok. Karena itu, salah satu cara melepaskan diri dari pengaruh merokok adalah menurunkan kadar kenikmatan merokok, misalnya dengan dengan mengonsumsi makanan tertentu yang memengaruhi sensasi merokok.

Banyak perokok yang mengeluhkan sulitnya berhenti dari kebiasaan merokoknya. Banyak dari mereka yang akhirnya menyerah karena tidak bisa melawan kecanduan yang sudah mendarah daging. Beruntung, menurut pakar kesehatan, terdapat sebuah cara mudah yang bisa dilakukan untuk membantu berhenti merokok, caranya adalah minum susu.

Meski terlihat aneh, para ahli dari Duke University yang ada di Amerika Serikat telah melakukan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi susu secara langsung atau mengonsumsi produk olahan dari susu seperti yoghurt atau keju bisa membantu berhenti merokok dengan efektif. Umumnya perokok memiliki pola makan yang lebih buruk dibanding dengan mereka yang tidak merokok. Karena itu, upaya berhenti merokok perlu didukung dengan membiasakan diri menjalankan pola makan sehat dan mengonsumsi makanan sehat, misalnya dengan rutin mengonsumsi susu sapi segar minimal 2 kali sehari setiap hari.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa minum susu bisa membuat pecandu rokok tidak lagi bisa menikmati rokok. Bahkan, Joseph McClernon yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa mengonsumsi susu dan produk turunannya bisa membuat perokok tidak lagi tertarik dengan rokok.

“Sebagaimana kita ketahui, penyebab utama dari rokok adalah adanya nikotin, namun ada hal lain yang juga memicu kecanduan, yakni adanya gangguan sensorik pada rasa dan aroma, serta pengalaman dan rutinitas para pecandu rokok. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa rasa dari rokok bisa memberikan pengaruh besar bagi hal ini,” ucap McClernon.

Tak hanya rajin minum susu, McClernon juga menyarankan pecandu rokok untuk mulai menghindari kopi dan alkohol yang bisa membuat seseorang semakin menikmati rokok.

Fakta ini didapatkan setelah McClernon dan kawan-kawannya mengecek kebiasaan 219 perokok dan mencari tahu pengalamannya tentang kebiasaan merokok. Mereka juga diminta untuk menyebutkan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Dari seluruh partisipan, 50 persen diantaranya rutin mengonsumsi susu dan berkata bahwa rokok yang mereka hisap terasa tidak enak. Adanya penemuan inilah yang mendasari para peneliti untuk menyarankan perokok untuk minum susu jika ingin berhenti melakukannya.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :