×

Tutorial & Life Style

Alasan Memilih Makanan yang Halal

Liani • 3 bulan yang lalu

Alasan Memilih Makanan yang Halal

Mengkonsumsi makanan yang halal memang penting dilakukan. Terlebih apabila Anda berpergian ke luar negeri yang masyarakatnya mayoritas bukan beragama Islam. Tentu saja jenis makanan halal yang dijual memang tidak sebanyak saat berada di negara Muslim. Untuk itu Anda bisa menggunakan beberapa cara menemukannya mulai dari label halal, melalui aplikasi online, bertanya kepada orang yang berada di Islamic Center dan masih banyak lainnya. Bagi orang Islam memilih makanan yang halal memiliki beberapa alasan.

Adapun alasan memilih makanan yang halal yaitu

Via Inluagiatot.com

  • Sesuai tuntunan

Seperti Anda ketahui bahwa sebagai orang Muslim harus memilih makanan yang halal dimana pun berada. Dengan demikian akan sesuai dengan tuntunan dan juga membantu untuk mendapatkan berkah dari makanan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa apabila Anda ada sedikit saja makanan yang tidak halal dikonsumsi. Maka kemungkinan doa yang Anda panjatkan akan tertolak atau tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Dengan demikian tentu saja hal ini harus dihindari.

  • Terjamin kebersihannya

Anda juga akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan jaminan kualitas. Hal ini karena makanan halal dapat ditentukan dari proses awal seperti jenis bahan yang dipilih dan digunakan, proses pemasakan dan pengemasan. Dengan cara demikian akan membantu memberikan hasil terbaik dalam menjamin kualitas saat sampai ke tangan pembeli.

  • Lebih sehat

Mengkonsumsi makanan yang halal juga akan menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Perlu Anda ketahui bahwa daging babi yang menjadi sumber daging yang haram ternyata memiliki alasan tersendiri mengapa hal ini dilarang oleh agama. Pada saat penelitian dilakukan diketahui bahwa daging babi mengandung cacing pita yang tidak dapat mati meskipun dimasak menggunakan suhu 100 derajat celcius. Dengan demikian jika Anda mengkonsumsinya secara terus menerus maka akan memicu terjadinya penyakit berbahaya.

  • Dapat dikonsumsi segala usia

Anda juga tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang halal. Hal ini karena jenis makanan ini dapat dikonsumsi untuk semua kalangan. Baik dari bayi, anak-anak hingga orang tua. Sehingga memiliki jenis makanan ini sebaiknya dilakukan sejak dini.

Setelah mengetahui mengenai informasi cara mengetahui makanan yang halal. Maka akan lebih penting mencari makanan ini agar hidup Anda senantiasa diberkahi. Untuk itu Anda juga bisa memilih penjual makanan yang sudah tentu menjual makanan halal jika harus membelinya. Beberapa kriteria yang sebaiknya dilakukan yaitu

Via Tribunnews.com

  1. Usahakan mulai membeli dari penjual yang menggunakan hijab dimana pun berada. Meskipun Anda sedang berada di luar negeri memang diharuskan menggunakan cara ini. Sehingga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan jaminan kualitas jenis makanan yang dijual halal.
  2. Akan tetapi apabila penjualnya laki-laki usahakan yang mau mengucapkan salam. Dengan cara demikian Anda akan mudah menandai bahwa jenis makanan yang dijual memang menggunakan bahan baku yang halal.
  3. Pastikan penjual juga tidak menggunakan tato di badannya. Dengan segala aturan Islam ditaati tentu saja memperhatikan mengenai kehalalan makanan yang dijual menjadi hal wajib untuk diketahui.
  4. Namun jika Anda memang masih ragu taka da salahnya untuk bertanya kepada penjual. Dengan demikian akan memudahkan untuk menjadikan Anda lebih yakin sebelum membeli makanan yang dijual.
  5. Makanan yang berasal dari buah dan sayuran memang bisa menjadi pilihan. Dengan demikian akan membantu dalam menjadikan perut kenyang dengan bahan alami terbaik, halal dan juga memiliki khasiat bagi tubuh Anda.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :