×

Healthy

Apa Itu Penyakit Hipertiroid?

Liani • 2 bulan yang lalu

Apa Itu Penyakit Hipertiroid?

Mungkin sebagian dari Kita tidak mengetahui mengenai apa itu penyakit hipertiroid. Namun tahukah Anda bahwa jenis penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit. Sehingga banyak orang yang tidak menyadari jika Anda terjangkit penyakit ini. Biasanya jenis penyakit ini akan menimbulkan leher menjadi membesar seperti penyakit gondok. Hal yang dirasakan misalnya saja jantung berdebar-debar, tubuh terasa panas dan lebih menyukai yang dingin, kesemutan, sulit tidur dan masih banyak lainnya. Sehingga usahakan segera menjalani pengobatan alami yang dirasakan berikut ini jika Anda mulai merasakannya.

Tips mengobati penyakit hipertiroid yaitu

  • Brokoli

Anda bisa mengobati penyakit ini dengan memperbanyak konsumsi brokoli. Jenis sayuran dengan daun berwarna hijau tua ini memiliki zat yang ampuh dalam proses penyembuhannya. Selain brokoli jenis sayuran lainnya yang sangat baik dikonsumsi penderita penyakit ini yaitu lobak, kembang kol, kubis, sawi, kale dan masih banyak lainnya.

  • Kedelai

Dalam penelitian yang dilakukan mengkonsumsi kedelain dapat mengobati penyakit yang menyerang tiroid ini. Kedelai yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membantu menyembuhkannya dengan cepat. Tak hanya biji kedelainya secara langsung yang diolah dan dikonsumsi secara langsung. Anda juga bisa mengkonsumsi produk keselai lainnya. Misalnya saja saja pada produk susu, sarinya dan masih banyak lainnya.

  • Asam lemak omega 3

Anda jug akan mudah dalam mengontrol dan menyembuhkan penyakit ini jika mulai memperbanyak konsumsi asam lemak omega 3. Jenis kandungan nutrisi ini terdapat dalam beberapa jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya yaitu ikan laut, biji rami, kenari dan masih banyak lainnya.

  • Rumput laut

Anda juga bisa menambahkan konsumsi setiap harinya dengan rumput laut. Jenis makanan ini mengandung banyak yodium dan juga mineral penting lainnya. Sehingga dapat membantu dalam mengatasi kesehatan kelenjar tiroid ini. Jenis makanan dari laut lainnya yang baik dikonsumsi penderita hipertiroid yaitu arame, ganggang coklat, kombu dan masih banyak lainnya.

  • Buah beri

Buah beri sangat cocok untuk membantu dalam menyembuhkan penyakit hipertiroid. Hal ini karena jenis buah ini memiliki kandungan vitamin dengan zat antioksidan tinggi. Sehingga dapat menangkal radikal bebas berupa yang menyerang bagian kelenjar tiroid dengan merasakan peradangan. Beberapa jenis buah dari keluarga beri yang dapat dipilih untuk menyembuhkan penyakit hipertiroid yaitu beri hitam, strawberry, ceri dan masih banyak lainnya.

Tak hanya jenis pengobatan alaminya penyakit hipertiroid yang sebaiknya Anda ketahui. Namun juga harus mengetahui mengenai jenis pantangan apa saja penderita penyakit ini. Sehingga akan menghindari kondisi yang semakin parah dirasakan tubuh. Beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan dari penyakit ini yaitu

  1. Tepung terigu

Usahakan jika Anda terkena penyakit ini mulai menghindari makanan yang terbuat dari tepung terigu. Hal ini karena akan menyebabkan tubuh mengalami glikemik tinggi yang menyebabkan peningkatan pada hormon dan gula. Pilih jenis makanan dengan glikemik rendah saja yang aman.

  1. Daging merah

Penderita penyakit hipertiroid tidak diperkenankan mengkonsumsi daging merah, produk susu dan olahannya. Hal ini karena akan menyebabkan penyakit ini sulit disembuhkan. Bahkan sistem pencernaan juga akan menjadi terganggu. Untuk itu pastikan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran agar mudah menyembuhkan penyakit ini.

  1. Minuman beralkohol

Anda juga harus menghindari minuman beralkohol dan rokok baik menjadi pengguna aktif maupun pasif. Hal ini karena kebiasan tidak baik ini akan mempengaruhi kesehatan dari hormon tiroid yang sedang mengalami masalah kesehatan.

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :