×

Fashion

Asal-Usul Baju Pengantin Berwarna Putih

Liani • 8 hari yang lalu

Asal-Usul Baju Pengantin Berwarna Putih

Tradisi memakai gaun pengantin putih bagi mempelai wanita adalah hal yang baru. Sebelumnya, mempelai wanita menggunakan gaun dengan berbagai warna dalam pernikahan mereka. Tapi, ketika Ratu Victoria menikah dengan Pangeran Albert pada tahun 1840, ia mengenakan gaun putih yang indah. Inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal tradisi mengenakan gaun pengantin putih, baik bagi masyarakat biasa maupun bangsawan.

Warna putih pada gaun pernikahan dikatakan memiliki arti bahwa sang pengantin wanita masih perawan dan suci. Tradisi memakai gaun pernikahan berwarna putih dimulai dari Ratu Victoria yang memakai gaun pernikahan berwarna putih saat ia menikahi Pangeran Albert. Pada saat itu gaun pernikahan biasanya berwarna perak atau merah.

Ketimbang cinta, pernikahaan kerajaan saat itu lebih dipandang sebagai bentuk kekayaan dan politik. Keluarga kerajaan bakal menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan kemakmuran lewat pengantin mereka. Sebagai contoh, Margaret of York yang memakai perhiasan pusaka yang sangat berat saat menikah pada 1468. Begitu pula dengan Putri Charlotte pada 1816 yang memakai gaun lame perak yang disulam senilai US$1,3 juta (sudah disesuaika dengan inflasi atau setara Rp18,3 miliar). dibandingkan pernikahan kalangan bangsawan terdahulu, pernikahan Victoria dianggap terlalu sederhana dan biasa saja. Namun, jusru itulah yang ingin disampaikan sang Ratu.

Victoria yang saat itu berusia 20 tahun hendak menampilkan kepekaan dan kebijaksanaan dalam pernikahannya. Dia ingin menyampaikan ke seluruh dunia bahwa, ia juga bakal memimpin Inggris dengan cara yang sama.

Akhirnya hal ini dijadikan tradisi turun temurun yang mana hingga kini para pengantin banyak yang mengenakan gaun berwarna putih. Lebih lanjut banyak orang yang mengatakan bahwa wanita yang sudah perawan atau yang menikah untuk kedua kalinya tidak boleh memakai gaun berwarna putih. Ini karena putih adalah lambang dari kesucian dan wanita yang sudah tidak suci dilarang memakai gaun putih.

 

Kini gaun pernikahan bisa dipilih sesuai dengan warna kesukaan. Setiap calon pengantin bebas memilih gaun sesuai dengan warna kesukaan mereka. Nah, kalau kamu sendiri lebih suka gaun pernikahan putih atau warna lain sih Ladies?

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :