×

Tutorial & Life Style

Beginilah Seharusnya Cara Hidup Sehat Anak Kos

NayMa • 7 bulan yang lalu

Hidup di kos-an itu katanya ibarat bebas suka-suka diri kita. Mau melakukan apa saja boleh, mau bagaimanapun nggak ada yang melarang, kecuali kalau terlambat bayar kos. Hee... kita mau kemanapun ayo, mau memilih gaya hidup seperti apapun bisa, mau melakukan kebiasaan apapun juga sah-sah aja. Termasuk salah satunya memilih buat biasa hidup mau sehat atau nggak pun, semua tergantung pada diri kita sendiri-sendiri.

Tapi sayangnya, ketika kita sakit kitapun harus berepot-repot ria sendiri. Kawan kiri kanan kita biasanya juga sudah punya kesibukan sendiri-sendiri, dan nggak bisa membantu banyak. Kalau sudah begini, akhirnya kita mengerti kalau memang saat kita harus mengandalkan diri sendiri, ada baiknya kita nggak membawa kerepotan yang bakal bawa sedih buat diri kita ini.

Jadi intinya, walaupun kita hidup di lingkungan kos, tapi hidup sehat juga tetap harus kita jaga. Kalau ada yang masih bingung bagaimana caranya, mungkin beberapa langkah dibawah ini bisa jadi referensi kita.

  1. Atur pola makan sehat!

Kalau kita adalah seorang mahasiswa dengan jajan harian terbatas, maka kita nggak perlu khawatir buat tetap bisa hidup sehat, kawan. Karena makan dengan menu sehat itu nggak selalunya mahal dan menguras kocek kita dalam-dalam. Bahkan kalau mau lebih irit lagi, kitapun bisa membuat masakan sendiri. Dengan begitu kita juga malah bisa memastikan kebersihan makanan kita, dan rasa yang kita ingini. 

Menu 4 sehat lima sempurna itu bakal sukses banget membuat badan kita tetap fit dan aktivitas lancar. Beda dengan menu yang “seadanya” aja, asal ambil, acak-acakan dan atau sekedar sebungkus mie pengganjal lapar. Memang sih dengan mengkonsumsi semua itu kita sudah akan bisa kenyang. Tapi bisa dipastikan yang begitu adalah tidak sehat sama sekali, kawan. Dan kalau sudah dalam rentang waktu sekian tapi kita tetap malas buat berusaha membenahi kebiasaan kita itu, akhirnya kesehatan kita yang bakal jadi tumbalnya. Dan kabar buruknya lagi, diri kita sendiri adalah yang pertama yang akan merasakan sakit dan segala perasaan nggak enaknya. Jadi ayo jaga pola makan sehat kita!

  1. Ayo olahraga!

Hidup di kos-an dengan denah hak milik yang nggak lebih dari 10 meter, akhirnya banyak membuat diri kita mager alias malas gerak. Apalagi kalau kita ini adalah jenis manusia yang sibuk dengan deadline yang padat merayap. Maka jadwal untuk olahraga akan jadi daftar ke sekian yang akan kita lakukan. Sekali dua kali, sebualan dua bulan, kita mungkin bisa tetap oke-oke saja. Tapi ketika kebiasaan ini berlanjut terus, maka kitapun akan tumbang nggak bersisa, #alah

Secara, karena tubuh juga butuh dirawat dan dijaga. Nggak cuma sekedar buat diajak kerja atau kuliah melulu kawan!. Dan sesuatu yang dirawat pastinya akan beda kualitasnya dengan yang sembarangan. Maka dari itu jangan sembarangan dalam memperlakukan tubuh kita. Banyak-banyak jaga dia salah satunya dengan meluangkan waktu buat rutin berolah raga. Setuju?

  1. Bersihkan kamar kos!

Mungkin ada dari kita yang karena saking sibuk atau sok sibuknya sampai lupa dengan kondisi kamar kos kita. Akhirnya kitapun harus rela berbagi kamar dengan para kecoak berikut karib kerabatnya, para cicak dan handai taulannya, dan berbagai spesies hewan “terlarang” yang lainnya. Pemandangan pun juga beralih rasa. Kamar jadi “area sirkus” dimana sarang laba-laba bisa menggelayut manja, lalat bisa melantai dansa diatas kasur, semut bisa joging di lantai yang belum di sapu entah berapa tahun, ditambah lagi dengan nuansa bau yang kualitas “keharumannya” pun hanya Tuhan yang tahu.

Kamar yang begini keadaannya akan sukses membuat kita NGGAK sehat lahir dan batin, kawan! Dan pasti akan menambah ribet suasana. Jadi luangkan waktu sejenak buat kita menata kamar kita, agar kita bisa fresh kembali setelah seharian beraktifitas di luar. Agar kita nggak cuma sekedar nyaman setelah balik ke kos, tapi kita juga akan kembali semangat buat memulai aktivitas kita selanjutnya.

Kawan, menjaga kesehatan itu bukan sekedar menjaga agar diri kita nggak sakit. Tapi adalah juga bukti kalau kita sayang pada diri kita sendiri, dan kita perhatian buat menjaga amanah yang sudah diberikan Allah buat diri kita, yaitu badan kita ini. Dan dari sana akhirnya terlihatlah kualitas dan gambaran kita yang sebenarnya, kawan. Jadi walaupun kita hidup di tempat terbatas, dana terbatas dan waktu yang terbatas seperti di kos-an, tapi jangan jadikan semua itu alasan buat kita nggak bisa hidup sehat. Karena kalau kita sudah sakit, baru akan terasa kalau semua alasan keterbatasan yang kita ungkapkan dulu itu adalah ibarat pisau yang melukai diri kita sendiri. Dan kalau sudah begitu, korban pertamanya adalah jusru diri kita sendiri. Jadi mulai sekarang, ayo jadi anak kos yang sehat! 

 

(NayMa) 

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :