×

Fashion

Belanja Kosmetik Online Harus Perhatikan Ini

Liani • 2 bulan yang lalu

Belanja Kosmetik Online Harus Perhatikan Ini

Penjualan produk kosmetik secara online kini tengah marak di masyarakat. Harga yang lebih 'miring' ditambah pembelian hanya lewat genggaman memudahkan konsumen wanita. Namun, pastikan produk yang Anda beli aman dan sudah teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Ini sebuah tantangan. Penjualan secara online merupakan potensi pengembangan pemasaran, tapi ada potensi bahaya di dalamnya bila tidak melalui registrasi dari BPOM," kata Kepala BPOM Penny Lukito usai memusnakan produk obat dan makanan senilai RP1,2 miliar di Banda Aceh. "Pada produk kosmetik yang tidak teregistrasi, bisa saja di dalamnya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokinon, dan sebagainya," kata Penny.

Merkuri sering disalahgunakan pada krim/losion pemutih kulit. Merkuri merupakan logam berat yang berbahaya, yang dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun.Hidrokinon adalah zat ini tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, hanya boleh untuk pengeras kuku. Namun, hidrokinon sering disalahgunakan pada krim atau losion pemutih kulit.

Pengguna hidrokinon dalam jangka panjang dan dosis tinggi dapat dapat menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada derah kulit yang terkena sinar matahari langsung dan dapat menimbulkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman).  "Jadi, pastikan hanya beli produk yang ternotifikasi BPOM terlebih dahulu. Sehingga betul-betul aman tidak mengandung produk bahaya," pesan Penny.

Berikut yang harus diperhatikan saat belanja online:

Testimoni

Dalam aplikasi khusus untuk berbelanja online, biasanya kita bisa melihat bagaimana testimoni dari pelanggan terutama mengenai pengemasan. Ada baiknya kalian memperhatikan hal ini girls. Kenapa? Karena pengemasan sangat berkaitan dengan bagaimana bentuk produk ketika sampai ke tangan kalian.

Terutama karena yang kalian beli ini adalah kosmetik yang rawan pecah atau terpencet jika proses pengemasannya gak bagus. Jika kalian menemukan banyak komplain terkait pengemasan selama pengiriman, mungkin sebaiknya kalian pikir-pikir lagi deh belanja di toko tersebut.

Real pic atau keaslian gambar yang diposting

Real pic atau keaslian gambar memang bukan hal yang sangat krusial, karena biasanya penjual online pun mengambil gambar di tempat lain karena gak sempat atau gak adanya fasilitas yang memadai. Tapi, jika kalian kurang percaya dengan online shop tersebut, mungkin kalian bisa meminta foto asli dari makeup yang ingin kalian beli. Penjual yang jujur pasti akan dengan senang hati menunjukkan foto aslinya kok.

Tanggal kedaluwarsa

Ada banyak online store yang sudah mencantumkan tanggal kedaluwarsa barang yang mereka jual. Tapi jika hal ini tidak ditulis di keterangan gambar. Kalian juga bisa menanyakan langsung pada penjualnya. Gak mau kan barang yang sampai nanti ternyata sudah habis tanggal kedaluwarsanya.

Pilihan Warna

Siapa pun yang membeli makeup secara online, terutama foundation dan lipstik, apalagi kalau ini pertama kali kalian membeli merk itu, kalian mungkin akan kesulitan untuk menentukan shade/warna yang cocok untuk kulit. Karena terkadang foto saja gak cukup menggambarkan dengan jelas warna asli produk tersebut. Jadi, kalian harus lebih bersabar dalam memilih dan jangan terburu-buru

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :