×

Food

Berawal Disebut Kue Terang Bulan atau Kue Bandung Kini Menjadi Martabak Manis

Liani • 7 hari yang lalu

Berawal  Disebut Kue Terang Bulan atau Kue Bandung Kini Menjadi Martabak Manis

Martabak  merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi.

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran telur ddan daging serta martabak manis (kue terang bulan) yang biasanya di isi coklat dan keju. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo.

Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun sepertinya mudah. Hanya 12 Menit menunggu Hok Lo Pan ( Martabak ) pun Jadi. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Ringkasnya seperti itu. Kini, isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak ) beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja. 

Secara harafiah, Hok Lo Pan berarti 'kue yang dibuat oleh orang-orang Hok Lo'. Padahal, orang Hoklo sendiri tidak pernah membuat makanan semacam ini.Nama penganan ini sendiri bervariasi. Berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Seperti di Semarang misalnya, yang menyebut martabak manis sebagai kue bandung.Rupanya, hal ini dikarenakan kue tersebut dibuat oleh orang Bangka yang menetap di Semarang. Ia merupakan keluarga Cen, generasi ke empat dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam.

Rupanya, hal ini dikarenakan kue tersebut dibuat oleh orang Bangka yang menetap di Semarang. Ia merupakan keluarga Cen, generasi ke empat dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam. Pada waktu itu keluarga Cen berjualan martabak manis di Jalan Gajah Mada. Kebetulan, mereka bersebelahan dengan seorang Hakka bernama Moi Yan yang berjualan Mie Bandung. Mie Bandung sangat laris pada masanya. Biar sama-sama laris, maka martabak manis buatan Koh Cen juga disebut Kue Bandung.

Sementara itu, di Yogyakarta dan sebagian Indonesia bagian timur, orang-orang menyebut martabak manis dengan sebutan kue bulan atau terang bulan. Ternyata hal ini dikarenakan bentuknya yang sekilas bulat seperti bulan. Di Indonesia bagian timur, penggemar terang bulan justru merasa bingung mengapa makanan kesukaan mereka ini disebut 'martabak'. Karena menurut mereka, terang bulan sangat jauh berbeda bentuknya dengan makanan lain yang juga disebut martabak.

Via Cookpad

Bahan-bahan

200 gram tepung segitiga biru

1 butir telur ayam

4-5 sdm gulapasir

1/2 sdt ragi instant

1/2 sdt garam dapur

1/2 sdt soda kue

250 ml air hangat kuku

1 bks kecil vanilli kristal

Gula untuk taburan

Mentega untuk olesan

sesuai selera Topping keju dan mises coklat

Langkah

Campurkan semua bahan kecuali ragi instan dan baking powder

Aku mixer sampe gak ada lagi adonan yg menggerindil dan  kelihatan licin

Masukan bp dan ragi instant aduk menggunakan spatula

Diamkan adonan 30-60 menit, tutup dengan kain basah

Olesi teflon dengan mentega panaskan dengan api sangat kecil

 

 

 

 

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :