×

Food

Cara Membuat Es Kepal Kopi

Liani • 18 hari yang lalu

Cara Membuat Es Kepal Kopi

Siapa disini yang belum pernah merasakan kenikmatan dari rasa es kepal ? Awal mula dari munculnya es kepal adalah berasal dari sebuah brand susu ternama yang berasal dari negeri sebelah yakni Malaysia. Entah kenapa, masyarakat Malaysia sangat menyukai makanan yang berbahan dasar Coklat, hal ini bisa dibuktikan dari serial Animasi Malaysia yang memiliki setting Coklat sebagai energi langka yang diburu oleh para Alien, kamu pasti tahu kan serial animasi apa itu ? Oke kembali ke masalah utama, namun karena saking boomingnya es kepal ini langsung menyebar ke negara kita Indonesia, mulai dari ibukota, kota-kota besar sampai sekarang sudah berada di seluruh kota.

Mendengar mendadak viralnya makanan yang satu ini tentu menjadi sebuah peluang emas bagi para pedagan untuk membuat makanan yang satu ini. Namun apabila kamu ingin membuat makanan ini juga tidaklah sesulit yang kamu kira, apabila kamu sudah bisa membuat ini mungkin tak ada salahnya untuk mencoba menjajakan makanan ini sebelum mulai kehilangan masa boomingnya. Sebenarnya untuk membeli makanan yang satu ini tidaklah sulit untuk dijumpai dan juga harganya masih bisa dibilang terjangkau, namun apabila kamu ingin mencoba membuat makanan satu ini, kami akan berikan tata cara untuk membuatnya.

Perlu diingat bahwa Tutorial ini bukanlah menggunakan produk dari Brand tu melainkan hanya menggunakan bahan-bahan seadanya saja. Lagipula artikel ini hanya memberikan saran alternatif dari rasa Es Kepal yang sudah ada selama ini, dengan membuat rasa baru yang mungkin akan kamu sukai. Untuk mengganti bahan susu dari brand ternama, kami mengganti bahan tersebut dengan bahan yang lain. Berikut merupakan bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan :

Bahan alternatif berupa kopi sebanyak 100 gram, kopi yang kami gunakan disini berupa White Coffee, namun kalian bebas menggunakan kopi apa saja asalkan jangan kopi sianida, ups.

Satu sachet coklat bubuk 20 gram.

Susu Cair/kental manis seperlunya saja.

Es Batu Secukupnya saja.

Ceres seperlunya saja.

Air jika perlu.

Sedangkan untuk peralatan, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :

Wadah berupa Mangkuk untuk mengaduk.

Sendok.

Blender atau Mixer (Jika punya).

Wadah untuk penyajian.

Apabila semua hal diatas telah kamu siapkan maka sekarang saatnya untuk membuat Es Kepal Kopinya.

Pertama, masukkan bubuk kopi dan satu sachet bubuk coklat tadi yang sudah disiapkan kedalam wadah pengaduk, Lalu aduk kedua bahan tersebut sampai merata

Tambahkan susu kental manis tadi kedalam wadah sebanyak kopi dan coklat, lalu aduk lagi hingga merata.

Bagi kamu yang memiliki mixer atau pun blender boleh menggunakan itu saat mengaduknya agar lebih merata.

Setelah diaduk pastikan apakah adonannya itu sudah kental atau tidak, apabila terlalu kental bisa menggunakan air secukupnya saja, dan apabila terlalu cair bisa menggunakan susu kental manis secukupnya saja.

Kita beralih sejenak ke bagian esnya, gunakan blender untuk menghancurkan esnya, (usahakan es batu telah dalam keadaan kecil agar tidak sulit ketika diblender.

Setelah es hancur, taruh es kedalam mangkuk lalu bentuk sesuai yang kalian inginkan

Setelah itu, campurkan adonan tadi ke es.

Gunakan ceres secukupnya saja sebagai Topping diatasnya.

Jadilah Es kepal kopi yang unik dan enak 

 

Dan itulah cara bagaimana membuat Es kepal kopi yang mudah dan praktis, bagaimana ternyata mudah bukan ? 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :