×

Food

Ciri-ciri Kerupuk Kulit Palsu yang membahayakan Pencernaan

Liani • 7 bulan yang lalu

Ciri-ciri Kerupuk Kulit Palsu yang membahayakan Pencernaan

Kerupuk merupakan makanan tambahan sebagai pelengkap dalam menu berat. Tak jarang kerupuk dapat dijadikan camilan yang enak di kala senggang. Bagi kamu penggemar kerupuk, tentu tahu yang namanya kerupuk kulit. Kerupuk kulit merupakan salah satu camilan yang tidak asing lagi di telinga dan lidah warga Indonesia. Kerupuk merupakan makanan tambahan sebagai pelengkap dalam menu berat. Tak jarang kerupuk dapat dijadikan camilan yang enak di kala senggang. Kerupuk Kulit dapat terbuat dari kulit sapi, kulit ikan, atau kulit kerbau. Rasanya yang renyah dan enak tentu menjadi teman makan yang setia.

Tidak heran banyak yang menyukai kerupuk kulit. Cita rasanya memang sangat lezat karena terbuat dari kulit hewan. Hasilnya, ada rasa gurih yang diselimuti tekstur berminyak nan kaya. Kulit memang memiliki kandungan lemak dan minyaknya tersendiri. Dapat terbuat dari kulit sapi, kulit ikan atau kulit kerbau. Rasanya yang renyah dan enak tentu menjadi teman makan yang setia. Banyak produsen nakal yang menjual barang tiruan dengan bahan lain selain dari kulit hewan. Dengan tujuan mengeruk keuntungan yang besar, kerupuk kulit palsu terbuat dari sisa bahan kulit tas atau jaket.

Via Ahsanfile.com-wordpress.com

Banyak ditemukan di kota – kota besar, makanan olahan kikil ini banyak di buat dari sisa limbah kulit bekas industri sepatu, tas atau jaket. Sisa kulit ini bukan kulit biasa, namun sudah terkena proses penyamakan. Sisa kulit ini sudah tercampur dengan sejumlah bahan kimia berbahaya dan apabila kita konsumsi dapat menyebabkan kanker bahkan dapat menyebabkan kematian dan digunakan untuk pembuatan kulit tas maupun sepatu.Tentu ini sangat membahayakan karena pembuatan kulit tas atau jaket mengandung bahan kimiawi. Wah tentu kerupuk kulit jenis ini merupakan kerupuk kulit berbahaya bagi kesehatan 

Dengan segala akal bulus produsen, ia juga dapat membuat kerupuk kulit dengan bahan utama dari kulit hewan, namun dengan campuran bahan kimia H202 dan tawas sebagai zat tambahan agar kerupuk terlihat mekar saat digoreng. Hampir 90% bahan kimia terdapat pada kerupuk rambak kulit karena harga bahan dasarnya jauh lebih murah.

Cara Membedakan Kerupuk Kulit Asli dengan Palsu

Via Kabarmakkah.com

Ini dia ciri-ciri kerupuk kulit berbahaya yang harus kamu perhatikan agar kamu tidak salah lagi.

Kerupuk Kulit Asli

Permukaan kulit kasar dan berpori-pori

Warna agak gelap kecoklatan

Tidak terasa berbau atau aneh saat dikonsumsi

Nyaman di tenggorokan

Digoreng dengan mekar


Kerupuk Kulit Palsu

Permukaan kulit cenderung halus / licin

Warna kerupuk lebih terang berkilau karena mengandung bahan kimia

Terasa bau bahan sintetis / bahan kimiawi saat dikonsumsi

Tenggorokan terasa gatal dan nyeri setelah mengkonsumsinya

Tidak mekar saat digoreng, kecuali menggunakan campuran tawas tadi

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :