×

Traveling

Destinasi Wisata di Sentani Papua

Liani • 4 bulan yang lalu

Destinasi Wisata di Sentani Papua 

Papua merupakan provinsi yang terletak di ujung paling timur Indonesia dengan kekayaan alam dan potensi wisata yang mengagumkan. Selain wisata Raja Ampat yang sudah mendunia, Papua juga memiliki beberapa tempat wisata di Kota Jayapura yang merupakan ibukota provinsi saat ini.

Kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J. Saches pada 7 Maret 1910 dengan sebutan Hollandia hingga tahun 1962.Di tahun 1964, kota ini dikenal dengan sebutan Kota Baru dan Sukarnopura sebelum akhirnya dikenal dengan nama Jayapura di tahun 1968.

Jayapura berasal dari Bahasa Sansekerta, jaya memiliki arti “kemenangan”, sementara pura berarti “kota”.Secara utuh Jayapura memiliki arti “Kota Kemenangan”. Sebelum dikenal sebagai Papua, Provinsi ini lebih dikenal dengan nama Irian Jaya.

Di tahun 1999, Irian Jaya diubah menjadi Papua sesuai keinginan masyarakat. Dimana nama Papua telah disebutkan dalam Komite Nasional Papua dengan pernyataan, “Nama tanah kami menjadi Papoea Barat dan nama bangsa kami menjadi Papoea”.

Danau Cinta

Masih di Danau Sentani, di sekitar danau tersebut terdapat Telaga Cinta atau biasa disebut Danau Love oleh masyarakat setempat letaknya di Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura.

Sebenarnya, nama asli telaga itu dalam bahasa daerah setempat adalah Telaga Imfote, sesuai dengan nama tempat telaga tersebut berada. Untuk tiba di Telaga Cinta bisa dicapai lewat darat dan lewat jalur danau.

Bukit Teletubbis

Bukit Teletubbies ini berada tepat di sekitar Danau Sentani di area Pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, markas TNI. Dari bandara hanya dibutuhkan waktu 15 menit untuk bisa sampai di lokasi ini. Ada persewaan mobil dengan tarif sekitar 650 ribu rupiah per harinya. Kalau mau hemat, gunakan saja ojek. Pilih bulan saat hujan tak banyak datang namun tak sampai kemarau agar menemui bukit yang sedang hijau-hijaunya. Namun, saat sedang kemarau, lereng ini tetap tampak.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :