×

Food

Etika Makan Beberapa Negara Di Dunia

Liani • 5 bulan yang lalu

Etika Makan Beberapa Negara Di Dunia

Saat menyantap makanan bersama tentu kita tak bisa berperilaku sembarangan. Ada etika yang harus diikuti agar cara kita makan bersama tak dianggap mengganggu apalagi sampai disebut tak sopan. Di setiap tempat dan negara, etika saat makan bersama tentu berbeda kultur dan kebiasaannya.Untuk kamu yang baru pertama kali makan di negeri orang, terkadang muncul rasa kikuk dan kaku.  Islam juga sangat memperhatikan soal etika saat makan dan minum. Agar bisa mencontoh adab Rasulullah SAW. Berikut adalah etika perlu diperhatikan saat makan dan minum dikutip dari buku Pola Makan Rasulullah, karya Abdul Basith Muhammad as-Sayyid.

1. Membaca Basmallah

Membaca basmallah saat makan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah bahwa makanan yang dimakan merupakan nikmat dan anugerah dari Nya. Tanpa nikmat dari Nya, manusia tidak bisa merasakan berbagai kelezatan makanan.

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dilakukan agar menjaga kebersihan tangan. Sebab, ketika tidak mencuci tangan kuman yang terdapat pada tangan akan tercapur pada makanan yang menimbulkan penyakit. Dan mencuci tangan setelah makan seperti sabda Rasulullah SAW, "Barang siapa tertidur sedang di kedua tangannya terdapat gajih (lemak), lalu ketika bangun dia sudah menderita suatu penyakit, maka hendaklah dia tercela, kecuali dirinya sendiri,".

3. Tidak berlebihan saat makan

Islam memerintahkan bersikap sederhana dan seimbang mengonsumsi makanan. Serta menjauhi sikap berlebih-lebihan dan rakus.

4. Islam menganjurkan untuk makan dengan tiga jari

Makan dengan tiga jari artinya bersikap seimbang dan pertengahan. Sebagaimana dikatakan bahwa makan dengan lima jari menunjukkan kerakusan. Sedangkan makan dengan satu dan dua jari menunjukkan kesombongan dan keangkuhan.

5. Duduk tegak lurus dan tidak bersandar saat makan

Rasulullah SAW melarang makan sambil bersandar karena hal itu bahaya bagi kesehatan dan mengganggu pencernaan lambung.

6. Minum dengan tiga kali tegukan

Minum dengan tiga kali tegukan dilakukan sambil duduk dan tidak bernapas dalam gelas.

7. Makan bersama-sama dan tidak sendiri-sendiri

Makan bersama dianjurkan agar dapat menciptakan kebersamaan dan nuansa yang penuh kasih sayang serta saling mencintai. Makan bersama akan memberi nilai positif bagi selera makan.

8. Makan diajurkan sambil berbincang

Saat makan dianjurkan dalam Islam sambil berbincang dan tidak diam. Ini dimaksud untuk menciptakan suasana rileks dan menyenangkan.

9. Menghormati budaya dan tradisi

Ketika makan di luar rumah atau restoran dan rumah makan, sebaiknya menghormati budaya tradisi tempat tersebut, seperti rasa makanan. Tidak boleh membenci atau menghina makanan tertentu sekalipun makanan itu di luar kebiasaannya.

10. Bersikap lembut

Maksud dari bersikap lembut di sini adalah apabila sedang merawat orang sakit. Umat Islam tidak boleh memaksa untuk memakan makanan tertentu.

11. Menjaga perasaan orang lain

Artinya saat makan harus bersikap sopan. Tidak membelakangi orang lain karena hal itu akan mengganggu selera makan.

12. Dahulukan makan buah-buahan

Sebelum makan daging atau makanan pokok, ada baiknya didahului dengan makan buah-buahan. Ini dapat memancing lambung untuk segera mengeluarkan getah lambung yang akan sangat membantu dalam proses pencernaan lain.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :