×

Tutorial & Life Style

GADGET BARU, MEMPENGARUHI PSIKOLOGI SESEORANG

Liani • 4 bulan yang lalu

GADGET BARU, MEMPENGARUHI PSIKOLOGI SESEORANG

Kini  telah menjadi salah satu negara dengan pengguna Facebook dan Twitter terbesar didunia, yang penggunaanya masingmasing mencapai 51juta dan 19,5 juta. Ini adalah kenikmatan penduduk dunia abad ke 21 jarak dan waktu bagaikan dikuasai oleh kemajuan teknologi informasi semacam ini. Seorang pecandu gadget akan sulit untuk menjalani kehidupan nyata, misalnya berkomunikasi dengan orang lain, bersosialisasi dengan orang lain.  Gadget hanya akan tertuju kepada dunia maya bahkan jika dia dipisahkan dengan gadget, akan muncul perasaan gelisah dan kita tidak fokus dalam rutinitas sehari-hari.

Mereka tidak tahan jika harus berlama-lama berpisah dengan gadget hanya 10% saja pengguna gadget yang tahan jika jauh dari gadgetnya. Di Indonesia berhubungan dengan keperluan pekerjaan. argumen ini mungkin benar, karena perangkat ini memang mengandung teknologi yang memudahkan hidup manusia. akan tetapi, kita juga harus mengakui bahwa penggunaan gadget untuk kepentingan eksistensi dan pencitraan diri porsinya bisa jauhlebih besar ketimbang untuk kepentingan pekerjaan.

Berikut dampak negatif jika kita sudah ketergantungan gadget:

Via Tek.id

Malas Melakukan Aktivitas Lainnya

Kecanduan bermain gadget seringkali membuat orang malas untuk mengerjakan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Karena terlalu asyik bermain gadget, membuat seseorang malas bergerak. Tentu saja hal ini akan menyebabkan banyak pekerjaan menjadi tertunda dan kerugian kedepannya. Untuk itu lah pentingnya memiliki manajemen waktu yang baik sehingga dapat membagi waktu dan aktivitas sesuai dengan porsinya.

Turunnya Konsentrasi
Dengan adanya gadget (Smartphone), konsentrasi mengalami penurunan. Konsentrasi-nya menjadi lebih singkat juga tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Kita lebih sering ber-imajinasi mengenai tokoh game yang sering dimainkan pada Gadget nya. Sehingga pada waktu seorang anak harus fokus terhadap sesuatu hal, akhirnya menjadi susah untuk melakukan fokus”.

Penyebab Waktu Tidur Berkurang

Kebiasaan bermain gadget terutama sebelum waktu tidur akan membuat waktu tidur menjadi berkurang. Hal ini yang akan memicu timbulnya gangguan tidur. Secara tidak langsung hal ini akan memiliki efek yang buruk pada kesehatan anda. Waktu tidur orang pada umumnya adalah 6-8 jam setiap harinya. Kurang dari waktu tersebut tentunya akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang membahayakan.

Menumbuhkan Sikap Egosentris

Kebiasaan bermain gadget dari masa anak-anak akan memicu timbulnya sikap egosentris. Sikap ini tentunya tidak akan baik dalam lingkungan sosial. Penggunaan gadget yang terlalu sering secara tidak langsung membuat anda terbiasa untuk tidak peduli satu sama lainnya. Selain itu akan muncul rasa kurang empati kepada lingkungannya.

Via Abasrin.com

Memicu Penyakit Mental

Siapa yang menyangka jika penggunaan gadget yang tidak teratur akan menyebabkan gangguan mental pada remaja. Mulai dari peningkatan laju kecemasan, depresi, gangguan perhatian,autism pada anak, bipolar, dan lainnya. Jika konsumsi gadget dilakukan berlebihan, maka akan memciu timbulnya stress dan depresi pada anak dan remaha. Biasanya stress ini dipicu karena permainan-permainan game yang dilakukan dalam gadgetnya. Sehingga menyebabkan kondisi mental menjadi terganggu.

Mempengaruhi Gaya Hidup
Gadget juga bisa mempengaruhi gaya hidup anak menjadi egois dan berbudaya pamer ke teman sejawat nya. Sifat ini seharusnya tidak dipunyai oleh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Gadget juga dapat mempengaruhi tingkat konsumtif dan konsumerisme anak. Karena anak terbiasa belum dapat memilih informasi secara benar.

Menghambat Perkembangan
Penggunaan gadget akan membuat batasan gerak ana, yang mengakibatkan perkembangan anak terhambat. Anak yang menggunakan gadget secara berlebihan akan berdampak buruk pada prestasi akademik nya.
Pengawasan dan penggunaan terhadap gadget harus ektra. Jika tidak diawasi orang tua, bukan menambah perkembangan sang anak menjadi baik, malah prestasi anak menjadi menurun.

 

Berikut dampak positif jika kita sudah ketergantungan gadget:

Via Hellosehat.com

Memberikan Kemudahan Internet

Seseorang dapat dengan mudah mengenal dan berkomunikasi dengan orang lain di berbagai belahan dunia, pengaruh gadget dapat berkomunikasi tidak mengenal jarak dan waktu.

Menambah Pengetahuan

Dapat dengan mudah mengakses dan mencari situs web perihal pekerjaan atau pengetahuan yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Anak yang bergaul akan lebih Kreatif

Seorang anak yang mengenal gadget pola pikirnya akan lebih kreatif dan tertantang dalam hal baru. Sehingga anak tersebut memiliki kemauan tinggi untuk mengetahuinya dan mempelajari sesuatu secara cepat dan mudah dengan bantuan gadget.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :