×

Tutorial & Life Style

Hati-hati Kesepian bisa menimbulkan Depresi dan Bunuh Diri

Liani • 8 bulan yang lalu

 Hati-hati Kesepian bisa menimbulkan Depresi dan Bunuh Diri

Ketika Anda merasakan kesepian, Anda akan diliputi perasaan negatif yang membuat diri Anda mengalami kepedihan atau kesunyian meskipun sedang berada di tempat yang ramai. Anda juga merasa tidak diperhatikan atau dilihat keberadaannya oleh orang lain. Kesepian pun dapat ditemui pada orang-orang yang terlihat normal. Bahkan, seseorang yang berpenampilan menarik, pintar, atau mudah bergaul dan memiliki banyak koneksi bisa saja sedang merasakan kesepian.

Dampak Buruk Kesepian Bagi Kesehatan

Kesepian dapat membuat orang menjadi kurang peduli, selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, dan tidak mampu melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda. Dampak yang paling terasa ketika Anda merasakan kesepian adalah perasaan murung, tidak percaya diri, dan selalu merasa gagal. Selain itu, stres, depresi, dan tertekan bisa menjadi beberapa kondisi mental yang turut menambahkan rasa sakit. Akibatnya, kesehatan mental Anda pun akan terganggu. Ketika merasa sepi, produksi hormon kortisol dalam otak akan meningkat sehingga memicu perasaan tegang. Sebuah riset yang dilakukan di Harvard tahun 2012 lalu juga menunjukkan bahwa orang dewasa yang hidup sendiri dan sering merasa kesepian memiliki risiko kematian akibat jantung sebanyak 24 persen. Kesepian bisa memupuk hormon stres dalam tubuh dan meningkatkan endapan kolesterol pada organ hati. Apalagi jika selama merasa kesepian Anda menjadi jarang untuk berolahraga dan tidak terlalu banyak melakukan gerakan tubuh secara aktif. Tahukah Anda bahwa kesepian juga bisa menurunkan kondisi tubuh? Bukti kuat dari penelitian tahun 2013 memberikan gambaran jika Anda yang merasa kesepian dapat berpotensi terkena beberapa penyakit, seperti flu dan gangguan pencernaan. Anda juga menjadi rentan untuk terkena alzheimer dan gangguan artritis. Bahkan kemungkinan kematian secara dini bagi pasien menjadi bertambah hingga 30 persen.

Stress dari merasa kesepian juga berdampak terhadap kondisi fisik

X

Via Job-like.com

 

Memicu perkembangan penyakit jantung dan pembuluh darah

Di samping gangguan psikologis, merasa kesepian memicu reaksi abnormal yang berdampak pada sistem kardiovaskuler. Para peneliti dari Harvard (seperti dilansir oleh Telegraph) mengatakan bahwa tubuh juga merespon stress akibat kesepian dengan memproduksi protein fibrinoge,n yang biasanya diproduksi saat tubuh mengalami luka. Selain itu, kondisi stress kronis juga memicu peningkatan hormon kortisol yang mempengaruhi kinerja jantung dalam memompa darah.

W

Via Wowkeren.com

 

Menurunkan ketahanan tubuh

Pada kenyataannya, sistem imunitas tidak hanya bereaksi terhadap ancaman pathogen, namun kondisi emosi pada seseorang yang mengalami kesepian dapat mempengaruhi kinerja sistem imun. Saat sedang stress kronis karena kesepian, otak merespon lingkungan sekitar sebagai ancaman, dan hal ini juga berpengaruh terhadap ketahanan tubuh. Oleh karena itu, sistem imun tidak dapat bekerja optimal melawan pathogen yang bersamaan dengan kondisi stress.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :