×

Tutorial & Life Style

Hindari 3 Makanan Ini Agar Kamu Nggak Gampang Sakit!

NayMa • 1 bulan yang lalu

Makan adalah kegiatan yang pastinya disenangi setiap orang. Hal ini berlaku terutama buat mereka yang memang hobi banget makan. Mencicipi berbagai rasa makanan yang berbeda, sepertinya memberikan pengalaman sendiri yang sangat menyenangkan. Tapi tahukah kawan, sayangnya nggak semua makanan ternyata asyik buat dimakan. Hal ini nggak lain karena dampak buruk yang dibawa oleh makanan tersebut bagi tubuh kita nantinya. Dan berikut adalah 3 diantara sekian banyak  makanan yang berbahaya dan benar-benar harus kita hindari.

  1. Makanan kaleng

Mungkin ada dari kita yang senang banget dengan jenis makanan yang satu ini. Ya, makanan kaleng memang menggoda banget buat di konsumsi. Selain tampilan warnanya yang menarik, makanan kaleng juga menyuguhkan rasa yang unik di lidah. Nggak heran kalau peminat makanan jenis ini makin hari makin bertambah aja. Tapi tahukah kawan, kalau makanan kalengan tersebut mengandung zat yang berbahaya? Ya, BPA atau bahan kimia beracun ternyata terkandung didalamnya. Zat ini dalam jangka panjang akan membawa kelainan dalam reproduksi kita, berakibat buruk pada neurologis, menyebabkan diabetes, penyakit jantung , kanker payudara dan kanker prostat. Hmm, kalau sudah begini yakin dikau masih tertarik buat makan makanan ini?

  1. Makanan gorengan

Tunjuk tangan, siapa yang nggak suka makanan satu ini? Pasti hampir semua dari kita hobi banget mengkonsumsinya. Apalagi saat musim hujan nan dingin begini. Ditemani dengan teh manis yang hangat, wah nikmat banget.  Maka nggak heran kalau gorengan lalu laris manis dimana-mana nggak kalah dengan kacang goreng. Tapi kabar buruknya kawan, ternyata gorengan yang kita makan ini juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kita, lho.

Makanan gorengan membawa bahaya utamanya bagi pembuluh darah kita. Bahkan ketika gorengan tersebut di goreng dengan minyak yang sehat seperti minyak kedelai dan zaitun sekali pun. Karena ketika minyak tersebut dipanaskan pada suhu tinggi, maka ia akan berubah menjadi lemak jenuh. Nah, lemak trans inilah yang lalu akan melukai dan merusak pembuluh darah yang semula sehat. Dan ketika ia sudah banyak menumpuk di dalam darah,  maka ia akan menempel di pembuluh yang luka. Penempelan itu semakin banyak hingga akhirnya menyumbat pembuluh darah. Akibatnya kita bisa kena penyakit jantung, stroke, dan lain-lain. Wah, nggak menyangka kan ada “monster jahat” dibalik imut dan gurihnya si gorengan ini ya?

  1. Makanan siap saji

Jaman semakin modern, katanya kitapun dituntut buat bisa melakukan banyak hal dengan lebih cepat. Bahkan termasuk dalam cara makan kita sehari-hari. Maka nggak heran bila orang yang terpengaruh dengan itu, juga lalu menempuh cara instan, yaitu mengkonsumsi makanan instan alias siap saji. Tinggal menunggu beberapa menit, siap dihidangkan, dan perutpun kenyang. Namun tahukah kawan bila makanan ini juga bisa membawa bahaya bagi tubuh kita?. Sebut saja obesitas akibat banyaknya kandungan gula dan garam didalamnya. Selain itu kesehatan hati kita juga bakal terancam. Hal ini karena makanan cepat saji banyak mengandung sodium dan minyak jahat yang akhirnya membuat hati kita bekerja lebih ekstra untuk membersihkan zat yang beracun bagi tubuh.

Kawan, menjadi sehat itu bukan sama sekali pilihan, melainkan memang sebuah keharusan. Karena hidup nggak akan berarti bila kita nggak sehat. Maka dari itu memilih makanan dalam keseharian kita memang sangat penting, agar nantinya kesehatan kita tidak menjadi korban. Dan menghindari makanan yang berbahaya, salah satunya 3 makanan diatas tadi,  juga nggak kalah penting, demi terjaganya kesehatan dan kelancaran aktivitas kita sehari-hari. Jadi mulai sekarang, ayo kita terapkan “jaga makan kita, jaga sehat kita, InshaAllah nantinya akan indah juga hidup kita”. Setuju?   

 

(NayMa)

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :