×

Healthy

Hindari Memanaskan Ulang Makanan ini

Liani • 3 bulan yang lalu

Hindari Memanaskan Ulang Makanan ini

Apabila kita sibuk atau malas untuk memasak, biasanya kita akan memanaskan masakan yang sudah ada. Selain menghemat waktu kita pun menghemat biaya untuk berbelanja. Ada beberapa masakan yang jika dipanaskan ulang akan menambah kenikmatan saat disantap dengan maksud memanaskan agar makanan awet dan tidak basi. Akan tetapi, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena bisa berbahaya bagi kesehatan jadi hanya sekali mengkonsumsinya. Apa saja ya? Berikut paparannya:

 

Sayur Bayam

Bayam

Via Keyword.suggest.co.id

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang kaya zat besi. Bagus untuk dikonsumsi anak-anak. Sebaiknya bayam ini tidak dipanaskan kembali setelah dimasak. Jadi kalau mau memasaknya secukupnya saja agar habis dan tidak dibuang atau dipanaskan. Kandungan dalam bayam terdapat mineral, vitamin A, vitamin C, niasin, Thiamin, Fosfor, kalium,magnesium yang baik untuk diet, melawan kanker, menjaga kesehatan mata, kesehatan tulang kesehatan kulit, kekebalan tubuh juga kekebalan tulang dll.

 

Nasi

nasi

Via Leweebrother.com

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, hampir 50% masyarakat didunia memakan nasi. Dalam nasi terkandung bakteri yang sangat resisten yang disebut dengan Bacillus Cereus yang bisa menghasilkan spora beracun. Spora ini akan berlipat ganda ketika nasi dipanaskan kembali. Sedangkan kandungan asam amino dalam nasi putih berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan menjadi pilihan seorang vegetarian sebagai pasangannya dengan nasi. Nasi memiliki kandungan serat yang tidak terlalu tinggi dan menjadi obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti usus besar dan morning sickness.

 

Umbi Kentang

Umbi

Via Niezawincester.co.id

Kentang kaya akan kalium, vitamin C, kayak akan serat larut dan tak larut baik untuk penderita diabetes, kaya akan antioksidan, vitamin B6. Saat dipanaskan kembali ada kemungkinan peningkatan bakteri dalam kentang. Dan terjadi perubahan warna pada kentang menjadi kebiruan. Itu bertanda untuk tidak layak dikonsumsi dan jika kentang kamu masih sisa sebaiknya jangan dipanaskan.

 

Daging olahan

Sosis

Via Republic.co.id

Daging olahan mengandung pengawet agar bisa disimpan lebih lama. Contoh daging olahan adalah sosis, kornet, nugget dsb. Sosis atau kornet adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan kandungan yang ada berupa kalori sebesar 452 Kal, protein 14,5 gr, karohidrat 2,3gr, lemak 42,3gr kalsium 28ml dll.  Memanaskannya kembali akan memperburuk kesehatan karena akan terjadi perubahan kimiawi saat proses pemanasan berulang.

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :