×

Traveling

Indonesia Memiliki Bandara Pertama Yang Terapung

Liani • 3 bulan yang lalu

Indonesia Memiliki Bandara Pertama Yang Terapung

Presiden Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang. Terminal terbaru ini dibangun dengan nilai investasi fantastis yakni 2,08 triliun Rupiah, dan bertujuan mengatasi masalah kekurangan kapasitas di bandara ini yang sudah terjadi beberapa tahun terakhir.

Menurut GM & Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Dian PS, bandara baru ini memiliki berbagai kelebihan dibanding bandara lama. Salah satunya terminal baru lebih luas. Di mana, luas terminal bandara lama baru 6.708 meter persegi."Bandara baru luas terminalnya mencapai 58.652 meter persegi, sehingga bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun. Sembilan kali lipat dibanding bandara lama. Selain itu, ada juga penambahan berbagai fasilitas. Dian menyatakan, penambahan fasilitas tersebut bertujuan menunjang penerbangan dan menambah kenyamanan penumpang.

Dia mencontohkan apron di bandara lama seluas 29.032 meter persegi. Apron ini mampu menampung enam pesawat narrow body dan jenis lainnya dua buah. Namun sekarang dengan luas 72.522 meter persegi mampu menampung 12 pesawat narrow body."Selain itu, luas lahan parkir untuk kendaraan pengunjung juga bertambah luas. Yakni dari 12.000 meter persegi menjadi 43.633 meter persegi

Terminal ini dibangun di atas rawa (air) dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area, dengan maksud untuk mengakomodasi kondisi lahan yang sebelumnya merupakan lahan rawa. Ini menjadi terminal penumpang bandara terapung pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Sebelumnya, terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, di Semarang, Jawa Tengah, merupakan bandara terapung di atas air yang pertama di Indonesia.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengemukakan, bahwa pengembangan bandara tersebut juga termasuk dalam program Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 58 Tahun 2017.Selain itu, dalam terminal di Bandara Ahmad Yani tersebut juga dilengkapi tiga unit garbarata serta 30 unit counter check-in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai. Lalu apalagi keunikan yang dimiliki bandara Ahmad Yani ini?

Via Bisniswisata.co.id

Ditanami Mangrove

Area bandara ditanami 24 ribu bibit mangrove seluas 4.478 meter persegi untuk mendukung kelestarian lingkungan.

Luas Terminal Kargo 3 Kali Lipat

Luas terminal kargo di Bandara Ahmad Yani ini naik 3 kali lipat dari 774 meter persegi menjadi 2.048 meter persegi.

4. Air Diolah dengan Sistem Reverse Osmosis

Pemenuhan kebutuhan air di terminal baru Bandara Ahmad Yani tidak hanya dari PDAM, tapi diperoleh dari air payau dan air hujan yang diolah dengan sistem Reverse Osmosis (RO).

Kapasitas Penumpang 9 Kali Lebih Banyak

Kapasitas penumpang terminal baru Bandara Ahmad Yani dari 800 ribu orang menjadi 6,9 juta penumpang. Dengan kapasitas baru ini, bandara ini lebih luas sembilan kali dari terminal lama.

Konsep Eco-Airport

Bandara Ahmad Yani ini dibanung dengan mengadopsi konsep eco-airport dengan sebagian besar bangunan berdiri di atas air. Dengan segala kelebihan dan keunikan tersebut, bandara ini layak menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :