×

Fashion

Jam Tangan Berkarat? Jangan Panik

Liani • 8 hari yang lalu

Jam Tangan Berkarat? Jangan Panik

Jam tangan merupakan salah satu fashion item yang selalu digunakan dalam setiap kesempatan, karena jam tangan membuat penampilan lebih terlihat stylish.

Akan tetapi ada satu permasalahan yang sering timbul pada jam tangan, terutama yang terbuat  dari logam yaitu karat. Noda karat pada jam tangan akan sangat mengganggu penampilan. Karat pada jam tangan muncul akibat parfum, keringat atau pun terkena air hujan.

Jangan terburu-buru untuk membuang jam tanganmu yang terkena karat, Tapi, noda karat pada jam yang terbuat dari logam seringkali dapat membuat jam tangan jadi tak layak dipakai. 

Beberapa cara mencegah sifat korosif pada logam adalah dengan melakukan pelapisan. Tapi bila sudah terlanjur berkarat pun tetap bisa diperbaiki asalkan karat masih berupa noda, bukan karat pada logam yang sudah keropos. Dengan cara ini koleksi jam tangan yang sudah berkarat dilemari bisa digunakan kembali.

Cuka

Via Subscart

Coba tengok isi dapur dulu sebelum memutuskan membeli jam tangan baru. Asam cuka ternyata dapat menghilangkan karat, lho. Gunakanlah cuka apel (apple cedar vinegar), meskipun cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat tapi kurang efektif bila dibandingkan dengan cuka apel. 

Sebelum menghilangkan karat dengan cuka, kamu harus pastikan lebih dulu bahwa jam tanganmu tahan air, karena nantinya jam tangan harus direndam dalam cuka apel untuk waktu yang cukup lama. Karena itu jam tangan yang tidak water resistant tidak dibersihkan menggunakan cara ini.

Cara menghilangkan karat dengan cuka:

Tuang cuka pada mangkuk kecil atau gelas hingga seluruh bagian jam tangan tertutupi.

Rendam jam tangan yang berkarat dalam cuka dan biarkan semalaman, bila dalam semalam tidak hilang kamu bisa lanjutkan perendaman sampai dua atau tiga malam. Asam cuka tergolong zat yang ringan sehingga butuh waktu yang lama untuk mengikis karat.

Ambil jam yang sudah direndam dan gosok dengan sabut aluminium yang ditetesi dengan cuka apel. 

Kentang

Via Detikfood

Masih dari dapur sendiri, kamu juga bisa menggunakan kentang untuk membersihkan noda karat pada jam tangan. Hal ini dikarenakan kentang mengandung asam oksalat yang dapat menghilangkan penumpukan karat. Kalau jam tanganmu tidak water resistant, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

Cara menghilangkan karat dengan kentang:

Iris kentang menjadi beberapa bagian lebar yang agak tipis.

Lapisi salah satu sisi kentang dengan soda kue.

Gosok area jam tangan yang berkarat menggunakan bagian kentang yang dilapisi soda kue.

Lanjutkan penggosokan dengan sabut aluminium.

Jeruk Nipis

Via Merdeka.com

Lemon atau jeruk nipis tak hanya bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, tapi juga mampu membersihkan karat. Jika ingin menggunakan cara ini, jam tanganmu harus tipe water resistant.

Cara menghilangkan karat dengan jeruk nipis:

Peras jeruk nipis dan tambahkan sedikit air. Jangan terlalu banyak karena akan mengurangi kandungan zat asam.

Taburi bagian jam yang berkarat dengan garam dan rendam dalam air jeruk nipis. Sama seperti cuka apel, jeruk nipis juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkan karat.

Kemudian kikis karat dengan sabut aluminium.

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :