×

Tutorial & Life Style

Jangan Malas Cuci Sprei

Liani • 2 bulan yang lalu

Jangan Malas Cuci Sprei

Mencuci sprei memang menjadi salah satu aktivitas yang tidak terlalu menarik untuk dilakukan. Membongkar seprai dan merapikannya kembali tentu memakan waktu lama, padahal waktumu dapat digunakan untuk melakukan hal lain yang lebih menyenangkan, bukan? Apalagi jika kamu tidak punya mesin cuci dan pengering, mencuci sprei akan terasa sangat merepotkan. Tapi tahukah kamu bahwa mencuci seprai sangat penting bagi kesehatan dan kebersihanmu?
Dilansir dari ATTN, seorang ahli laundry, Mary Marlowe Leverette mengatakan bahwa setiap kali kamu tidur di kasur, cairan tubuhmu akan terserap ke dalam sprei dan menumpuk jika tidak dicuci.

"Saat tidur, manusia akan terus berkeringat dan mengeluarkan cairan tubuh lainnya. Kemungkinan besar kita dapat menemukan air liur, urin, cairan kelamin, bahkan kotoran tubuh pada serat seprai. Jika seprai tidak dicuci secara rutin, sedangkan penggunanya sedang memiliki luka kulit, lukanya dapat terinfeksi. Kutu air dan jamur lainnya juga dapat ditularkan melalui serat kain," kata Leverette.

Sel-sel kulit mati manusia yang jatuh ke kasur juga akan mengundang tungau debu, serangga mikroskopik yang mengonsumsi sel-sel kulit mati. Leverette menambahkan, bahwa sebenarnya dalam sebuah kasur terdapat jutaan tungau debu yang hidup dari mengonsumsi sel-sel kulit mati manusia, dan lambat laun membuat kasur semakin berat. Kotorannya juga dapat menyebabkan asma dan alergi.

Mudah saja mengatasinya, yaitu dengan mencuci seprai kasur secara rutin. Untuk memiliki lingkungan hidup yang bersih dan mencegah alergi, yang harus dilakukan adalah mencuci seprai kasurmu seminggu sekali menggunakan air panas.
"Idealnya, seprai harus dicuci setiap minggu menggunakan air dengan temperatur terpanas yang direkomendasikan. Jika udaranya sedang panas, atau pengguna kasur berkeringat banyak, disarankan untuk mencuci seprai lebih sering lagi," tambah Leverette.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :