×

Healthy

Kandungan Produk Kecantikan yang Harus Dihindari

Liani • 3 bulan yang lalu

Kandungan Produk Kecantikan yang Harus Dihindari

Cermat dalam memilih kandungan pada setiap produk skin care itu penting, apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif. Nah, agar kondisi jerawat tidak semakin parah, yuk ketahui kandungan-kandungan apa saja yang perlu dihindari dalam skin care maupun kosmetik. Tidak boleh sembarangan melakukan perawatan untuk kulit sensitif. Perlu perhatian yang lebih serius untuk jenis kulit satu ini. Konsultasi pada ahli medis adalah langkah terbaik yang dapat dilakukan. Biasanya dokter akan menyarankan beberapa produk perawatan yang baik untuk kita gunakan.

Selain menggunakan produk anjuran dari dokter, kita juga dapat memilih produk yang dijual bebas di pasaran. Tetapi, karena kondisi kulit cukup serius untuk ditangani, menggunakan produk bebas pun harus lebih diperhatikan. Ada beberapa kandungan di dalam produk kecantikan yang mungkin tidak cocok saat digunakan di kulit. Ini lah yang menyebabkan masalah kulit muncul, Berikut beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang harus dihindari:

 

Formaldehyde

 

Via Indiamart

Kandungan ini biasanya ditemukan dalam sabun, sampo, kondisioner, gel rambut, cat kuku, eye shadow, dan maskara. Formaldehyde adalah turunan dari gas yang tidak berwarna dan berbau sebagai disinfektan industri.

Formaldehyde berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mikroba dalam berbagai macam produk, mulai dari bahan bangunan, hingga produk kecantikan atau perawatan pribadi. Formaldehyde telah dianggap sebagai karsinogen yang dapat menyebabkan kanker dan iritasi kulit.

Mineral Oil

Via Meijer

Mineral Oil biasanya ditemukan dalam minyak kayu, lotion, pelembap tubuh, krim mata, riasan bibir, dan lip balm. Cairan jernih tidak berbau ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah membuat kulit kehilangan kadar air.

Mineral Oil melapisi kulit seperti bungkus plastik, mengganggu penghalang kekebalan alami kulit, dan menghambat kemampuannya untuk bernapas, dan menyerap nutrisi. Inilah yang menyebabkan komedo dan jerawat meningkatHindari kandungan Mineral Oil, White Mineral Oil, Paraffin Oil, Petrolatum, Paraffinum, dan Liquid Petroleum

Silicone

Via Dhgate.com

Silicone sering kita temukan pada produk foundation dan face primer. Beberapa tipe silicone yang paling umum digunakan antara lain adalah dimethicone dan methicone. Selain dapat membuat permukaan wajah tampak lebih halus dalam sekejap, kandungan silicone juga membantu proses pemerataan produk saat diaplikasikan ke kulit wajah. Sayangnya, kamu yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat sebaiknya menghindari produk berkandungan silicone. Karena kandungan ini dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan dapat menyumbat pori-pori sehingga berujung pada jerawat.

Talc

Via Wikipedia

Talc merupakan jenis kandungan yang sering ditemukan pada produk kosmetik yang memiliki tekstur bubuk, seperti eyeshadow dan setting powder. Meskipun talc  masih dapat dikatakan sebagai kandungan yang aman bagi wajah, namun kamu yang memiliki alergi atau sensitf pada kandungan ini sebaiknya berhati-hati. Terlalu sering menggunakan produk berkandungan talc diketahui bisa memicu kulit jadi kering, iritasi, bahkan parahnya lagi dapat berujung pada peradangan kulit.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :