×

Food

Kaya Akan Vitamin A “Pisang Tongka Langit” Tinggi Hingga 7meter

adminadmin • 2 bulan yang lalu

Kaya Akan Vitamin A “Pisang Tongka Langit” Tinggi Hingga 7meter

Pisang Tongka Langit (Musa troglodytarum) termasuk dalam seksi Australimusa dengan jumlah kromosom x=10. Asal mula pisang ini sangat kompleks dapat berasal dari 3 jenis pisang M. lolodensis, M. maclayi dan M. peekelii. Tanaman dalam seksi Australimusa ini bisanya tinggi, buahnya berbiji. Struktur bijinya sering digunakan sebagai dasar klasifikasi yaitu sedikit bulat atau kempis, halus, dan sudutnya tidak beraturan. Dinamakan pisang Tongka Langit karena mempunyai bentuk yang khas dengan tandan buah menuju ke atas, bukan ke bawah seperti kebanyakan pisang pada umumnya (Ploetz, et al., 2007).

Pisang Tongka langit spesifik pada kepulauan Maluku sampai Polinesia. Secara khusus ada hubungan dengan suku Marquesa masyarakat pulau Polinesia Perancis. Pisang ini merupakan makanan pokok serta sering digunakan dalam upacara-upacara adat karena suku inilah yang pertama mendiami daerah Samoa-Tonga 250 SM dan Tahiti sekitar tahun 700-800 Masehi. Namun demikian keberadaan tanaman ini makin menurun secara drastis dalam beberapa dekade belakangan ini. Pisang Tongka Langit selain memiliki karakteristik tandan buah yang menuju ke atas, juga memiliki getah yang berwarna magenta cerah sampai ungu tua. Pisang ini sangat bergizi dan enak dikonsumsi dengan cara dibakar atau direbus. Orang yang memakannya akan mengakibatkan urinenya berwarna kemerahan (Ploetz et al., 2007).

Pisang ini sangat unik dari kultivar acuminata/balbisiana. Meskipun secara jelas pisang ini tergolong dalam seksi Australimusa, tetapi asalnya secara tepat masih kurang dijelas atau dipahami. Diperkirakan kemungkinan besar induknya berasal dari M. maclayi (berdasarkan morfologi) dan M. lolodensis ( berdasarkan struktur DNA). Penelitian genetik terakhir menunjukan bahwa pisang ini secara genetik berkerabat dengan jenis tambahan M. peekelii. Dengan demikian, pisang Tongka Langit merupakan jenis hibrida interspesifik (Ploetz et al., 2007).

 

Via Detik 

Pisang ini sebenarnya sama seperti buah yang lain, hanya saja ukuran buah, tinggi batang, serta punya khasiat tersendiri membuat buah satu ini dianggap unik sekaligus langka. Nah, untuk melihat seberapa unik si Tongka Langit ini, mari kita ulas lebih dalam dan detail.

Nama latin atau ilmiahnya pisang ini adalah Musa fehi atau pisang fei, tapi di Maluku lebih dikenal dengan Tongka Langit. Pemberian nama pisang yang berbeda ini jelas bersebab. Jika pada umumnya buah pisang terjun mengarah ke tanah, maka Tongka Langit kebalikannya, buahnya akan menengadah ke langit. Keberadaan pisang ini juga hanya ditemukan di Maluku dan sebagian di Papua, karena itu juga banyak yang menganggap pisang ini super unik.

Tinggi pisang Tongka Langit juga bisa mencapai 7 meter, dengan bentuk batang tegak lurus. Jika sudah berbuah penampilannya sungguh cantik, kulit buah akan mengkilap seolah terbuat dari plastik. Ukuran buah Tongka Langit juga tidak lazim, dengan panjang mencapai 23 cm dan berat 300 gram, buah ini tampak seperti raksasa jika dijejerkan dengan pisang lain. Kulit pisang ini tebal dan daging buahnya kuning seperti mentega, ada dua jenis yang bisa dinikmati yaitu Tongka Langit oranye dan merah.

Berdasarkan penelitian ilmuwan ITB (Institut Teknologi Bandung), pisang Tongka Langit dinobatkan sebagai pisang yang paling sehat di Indonesia. Tidak hanya mengandung vitamin A dab Betakaroten saja, jauh sebelum itu, masyarakat Maluku memanfaatkan pisang ini sebagai obat tradsional. Menurut nenek moyang mereka, pisang ini bisa meningkatkan stamina kaum pria alias dijadikan obat kuat, bisa menyembuhkan demam, menurunkan gula darah, mengobati diabetes serta penyakit mata.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :