×

Healthy

Keju Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit

Admin • 1 bulan yang lalu

Keju menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Terdapat lebih dari 300 jenis keju yang ada di dunia. Keju cheddar dan mozzarella merupakan jenis keju yang paling populer. 

Makanan olahan susu ini merupakan sumber kalsium dan protein yang baik untuk tubuh. Kandungan kalsium dan protein ini baik untuk kesehatan tulang, gigi, rambut, kulit, pembekuan darah, dan penyembuhan luka.

Selain itu, keju juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti fosfor, seng, vitamin A, dan vitamin B12. 

Berikut manfaat keju untuk kesehatan.

1. Tulang 
Kandungan kalsium, protein, magnesium, seng, dan vitamin A, D, dan K membuat keju baik untuk perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan dewasa muda. Bagi orang tua, keju dapat mencegah osteoporosis.

2. Gigi
Dikutip dari situs kesehatan Medical News Today, keju dapat meningkatkan kesehatan gigi. Kandungan kalsium di dalam keju memainkan peran penting dalam pembentukan gigi. 

Penelitian juga menunjukkan, keju dapat meningkatkan pH dalam plak gigi sehingga memberikan perlindungan terhadap gigi berlubang. Efek ini tidak ditemukan pada susu dan yogurt.

3. Tekanan darah
Studi menunjukkan, orang yang makan lebih banyak keju memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Keju rendah lemak dan rendah natrium direkomendasikan untuk menjaga tekanan darah.

4. Pembuluh darah
Penelitian menyimpulkan, produk susu merupakan sumber antioksidan glutathione. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak dan mencegah degenerasi saraf. 

Dalam studi lain ditemukan, pembuluh darah partisipan yang mengonsumsi keju susu berfungsi lebih baik daripada pembuluh darah mereka yang makan pretzelatau keju kedelai.

5. Sel
Sel memerlukan protein untuk membangun dan memperbaiki diri. Kandungan protein yang kaya dalam keju dapat membantu perbaikan sel-sel di dalam tubuh.

Untuk diketahui, satu ons keju cheddar mengandung 7 gram protein.

6. Rambut
Kandungan kalsium dalam keju juga baik untuk pertumbuhan rambut. Rambut dapat menjadi lebih lebat dan kuat sehingga terhindar dari kerontokan.

Dikutip dari Style Craze, keju yang direkomendasikan untuk kesehatan rambut adalah keju cottage.

7. Kulit
Keju dapat membantu membuat kulit lebih cerah bercahaya. Keju mengandung vitamin B yang membantu metabolisme sel dan pertumbuhan sel sehingga dapat mencegah kerusakan sel.

(Sumber: CNN Indonesia)

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :