×

Food

Kesalahan Saat Bumbui Masakan

Liani • 2 bulan yang lalu

Kesalahan Saat Bumbui Masakan

Bicara soal memasak, semua orang kini bisa melakukannya di rumah bahkan dimana saja seperti di gunung sekalipun walaupun dengan peralatan seadanya. Mulai dari orangtua hingga anak kecil kini bisa melakukannya. Berbagai acara masak dan kompetisi masak pun bermunculan. Tidak hanya itu, banyak orang yang mulai menekuni dunia masak sebagai pekerjaan dan mempelajari secara khusus di berbagai sekolah masak yang ada. Ketika memasak tanpa disadari seringkali Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan sederhana di dapur, setidaknya sekali.  Kesalahan-kesalahan inipun pernah dilakukan koki sekalipun.

Bumbu memegang peranan penting dalam rasa masakan. Takarannya harus pas, tidak boleh lebih atau kurang. Komposisi bumbu yang salah bisa merusak rasa masakan secara keseluruhan.Untuk itu, feeling saat memasak sangat dibutuhkan. Jangan sampai garam, lada, rempah-rempah, dan bumbu lainnya tidak diberikan secara tepat.

Hindari kesalahan berikut saat membumbui masakan: 

Penggunaan garam

Garam kosher dan garam meja adalah jenis garam yang berbeda. Rasa asin yang dihasilkan oleh garam meja dua kali lebih asin daripada garam kosher.Jadi ketika menggunakan takaran garam harus disesuaikan dengan rasa asinnya. Jika pada resep meminta 1sdm garam kosher maka bisa diganti dengan 1/2 sdm garam meja.

Lupa mencicipi

Ini adalah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan dan dapat menyebabkan 'bencana' pada rasa masakan. Biasanya pada saat memasak kita sering lupa untuk mencicipi masakan yang sedang dibuat.

Kita juga sering menambahkan sedikit demi sedikit bumbu yang akhirnya bisa merusak rasa makanan. Untuk menghindarinya, tuang setengah dari bumbu yang disarankan oleh resep lalu tuangkan setengahnya lagi secara sedikit demi sedikit sambil mencicipinya sehingga didapatkan rasa yang diinginkan.

Membalik Daging Terlalu Cepat Ketika memasak daging  khususnya steak Anda sering membalik daging terlalu cepat sedangkan daging belum matang atau berwarna coklat. Hal ini bisa mempengaruhi tekstur dan kematangan daging. Untuk itu jangan terburu-buru membalik daging.

Kelebihan atau Kekurangan Bumbu Saat memasak, bumbu menjadi kunci utama kelezatan makanan. Untuk itu Anda perlu mencicipinya terlebih dahulu apakah makanan sudah pas atau justru keasinan.

Tidak Membaca Keseluruhan Resep Ketika Anda memasak makanan menggunakan resep dari buku, cobalah untuk membaca keseluruhan resep makanan karena kekacauan bisa saja terjadi di dapur sehingga Anda bisa lebih mudah mengantisipasinya. 

Terburu-buru Membuat scramble egg Ketika hendak membuat telur orak-arik, api yang terlalu besar dan terlalu lama memasak telur dan mengorak-arik telur cepat membuat kekenyalan telur menjadi tidak baik. Ketika hendak memasak telur orak-arik, masak dengan api sedang dan angkat panci selagi telur sedikit matang dan orak-arik telur sehingga telur akan matang dengan tekstur yang tidak terlalukeras dan kenyal.

Memasak Brokoli Terlalu Lama Seringkali ketika memasak brokoli, atau sayuran lainnya terlalu lama sehingga tekstur dari brokoli lembek dan nutrisinya berkurang atau hilang. Ketika hendak memasak brokoli, keluarkan brokoli dari air panas ketika warnanya mulai berubah menjadi hijau terang lalu cuci brokoli dengan air dingin agar tidak masak di bagian dalam.

Memotong Sayuran dengan Pisau Roti Seringkali ketika tidak menemukan pisau, Anda menggunakan pisau roti untuk memotong sayuran. Walaupun pisau roti yang digunakan tajam tetapi tidak optimal untuk memotong sayuran, gunakanlah pisau dapur yang tajam.

Memasak Porsi Besar Dalam Panci Kecil Seringkali untuk menghemat tempat atau cucian piring, seringkali hanya menggunakan satu wadah tanpa memperhatikan kapasitas wadah untuk menampung. Seperti ingin memasak daging dalam porsi besar, gunakanlah panci berukuran besar untuk memastikan daging tidak bersentuhan sehingga ketika dimasak daging bisa matang dengan sempurna.

Menggunakan Bahan Herbal yang Sudah Kering Dalam resep dibutuhkan bahan herbal sebagai bumbu masak. Jika dalam resep dituliskan menggunakan bahan herbal yang segar, pilihlah sesuai saran resep jangan gunakan yang sudang dikeringkan.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :