×

Tutorial & Life Style

Ketahui Cara Membersihkan Kompor Yang Lengket

Liani • 2 bulan yang lalu

Ketahui Cara Membersihkan Kompor Yang Lengket

Kompor yang digunakan memasak setiap hari namun tidak rutin dibersihkan, ini akan membuat kompor jadi kotor dan lengket. Masakan dan air yang tumpah saat dimasak atau cipratan minyak yang meletup-letup dari wajan, ini juga bisa bikin kompor rentan berkerak. 
Jika kompor tidak rutin dibersihkan dari kotoran yang menempel, ini akan membuat kompor rentan rusak. Ini juga akan membuat kompor rentan keropos. 

Disarankan untuk membersihkan kompor secara rutin setiap hari. Gunakan bahan-bahan alami di sekitar kamu untuk membersihkan kerak di kompor ini. Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah baking soda. 

Penggunaan baking soda sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melarutkan 2 sdm baking soda di dalam 1 liter air. Celupkan kain bersih atau spon kemudian gunakan untuk mengusap kotoran pada kompor. Gosokkan kain atau spon yang diberi air soda pada bagian kompor yang berkerak. Jika sudah, lap kompor dengan kain kering bersih. 

Cara membersihkan kotoran dan kerak pada kompor yang sangat mudah bukan? Selain baking soda, bahan alami lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran dan kerak pada kompor selanjutnya adalah jeruk nipis, cuka apel, larutan sabun cuci piring dan larutan deterjen. 

Langkah-langkah kunci:

Lepas ring kompor gas dan cuci secara terpisah

Gunakan krim pembersih dapur untuk membersihkan bagian tungku api kompor gas agar tidak membuatnya terlalu lembap

Gunakan semprotan pembersih dapur pada permukaan kompor tanpa perlu dibilas dengan air

Cara membersihkan permukaan kompor gas:

Singkirkan sebanyak mungkin kotoran padat yang tidak menempel pada permukaan kompor.

Untuk bagian ini Anda bisa memakai pembersih dapur berupa cairan, seperti Cif Serba Guna. Semprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan kompor, lalu seka dengan lap atau spons cuci piring untuk mengangkat kotoran yang menempel.

Pastikan permukaan kompor diseka hingga bersih dan tidak ada bercak-bercak sisa cairan pembersih tertinggal.

Permukaan kompor yang telah dibersihkan tidak perlu dibilas dengan air.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :