×

Food

Konsumsi Makanan Ini Bisa Mengendalikan Gula Darah

Liani • 3 bulan yang lalu

Konsumsi Makanan Ini Bisa Mengendalikan Gula Darah

 

Bagi penderita diabetes, kadar gula darah dalam tubuh harus selalu terjaga. Salah satu penyebab kadar gula darah tinggi adalah makanan. Biasanya penderita diabetes dengan kadar gula darah tinggi akan menjadi lemas. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita diabetes mengurangi konsumsi yang menyebabkan gula darah tidak terkontrol. Berikut ini adalah makanan yang bisa membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil. Berikut Ini Merupakan Pengendali Gula Darah yang Baik seperti jenis sayuran yang dapat menjaga kadar gula darah. Sayuran ini kaya akan serat dan rendah karbohidrat. Contohnya bayam dan brokoli, namun tidak disarankan pasien diabetes sering mengkonsumsi kentang, buncis, dan jagung karena makanan itu justru mengandung banyak karbohidrat dan bisa meningkatkan gula darah.

 

Kayu Manis

12

Via Hellosehat.com

Dalam penelitian membuktikan bahwa kayu manis dapat mengendalikan gula darah pada pasien diabetes. Kayu manis merupakan bahan yang mengandung methylhydroxy-chalcone polimer (MHCP) yang berfungsi mirip seperti insulin. Senyawa ini juga bekerja dengan insulin dalam sel.

 

 

Kacang

fd

Via Merdeka.com

Kacang sebagai penyeimbang kadar gula darah yang baik. Selain itu, kacang juga mengandung serat larut yang tinggi yang berfungsi sebagai penyimpan gula darah setelah makan. Contohnya kacang hijau, karena kacang hijau mengandung banyak serat dan rendah karbohidrat.

 

 

Strawberry

m

Via Suttpos Seeds.com 

Rasa manis strawberry tidak meningkatkankan kadar gula darah secara berlebih. Bahkan untuk menjaga gula darah justru disarankan untuk memakan buah strawberry ini. Karena buah strawberry kaya air dan serat yang membuat kenyang lebih lama, juga rendah kalori dan karbohidrat.

 

 

Daging

r

Via Amazine.co

Sudah diketahui bahwa daging kaya akan protein, dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Daging merupakan makanan yang mengandung chromium yang membantu insulin bekerja dengan baik.

 

 

Gandum

2

Via Alodokter

Gandum mengandung banyak vitamin esensial, mineral, dan serat. Meskipun karbohidrat tidak baik untuk penderita diabetes, namun karbohidrat dalam gandum adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih lambat diserap daripada karbohidrat sederhana, sehingga gula darah tetap terjaga.

Pasien diabetes harus selalu memeriksakan kadar gulanya. Karena jika kadar gula terlalu tinggi berakibat tidak baik bagi penderita diabetes. Demikian itu adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi pasien diabetes. Karena makanan-makanan tersebut berfungsi juga sebagai pengendali gula darah dalam tubuh.

 

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :