×

Healthy

Kulit Kepala Berkerak Mirip Ketombe, Penyakit Apa?

Liani • 4 bulan yang lalu

Kulit Kepala Berkerak Mirip Ketombe, Penyakit Apa?

Masalah kulit kepala yang sering berkerak hingga tampak menjadi ketombe, bisa terjadi karena adanya peradangan pada kulit kepala. Dan hal ini juga bisa dikaitkan karena produksi kelenjar keringat yang berlebihan di kulit kepala.

Jika kulit kepala mengalami masalah, tentu saja rambut juga akan bermasalah seperti menjadi rontok. Kulit kepala yang mengelupas juga bisa terjadi akibat dehidrasi atau perawatan kulit kepala yang salah. Bagi Anda yang sering berkunjung ke salon rambut, coba perhatikan dulu kebersihan di lingkungan sekitar salon terutama kebersihan alat yang digunakan. Selain tampak seperti ketombe, kulit kepala juga akan terlihat kering dan bersisik atau berkerak.

Setiap orang bisa beresiko terkena psoriasis, namun orang dengan usia 15-30 tahunan memiliki resiko psoriasis yang lebih tinggi.Penanganan pertama untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan penggunaan sampo yang tepat dengan kandungan yang ampuh mengatasi ketombe tersebut.

Pada kasus yang tidak kunjung sembuh, diduga kulit kepala yang terus mengelupas seperti ketombe disebabkan karena penyakit psoriasis. Psoriasis merupakan gangguan kulit yang ditandai dengan bercak putih atau perak yang tebal dan bersisik. Selain muncul di kulit kepala, psoriasis juga bisa muncul pada tangan, siku, punggung, lutut dan kaki.

Via Informenatural.com

Ciri-ciri kulit kepala kering:

Gejala utamanya adalah gatal

Kekeringan dan rasa gatal adalah gejala utamanya, juga rontoknya serpihan putih kecil yang sering disalahartikan banyak orang sebagai ketombe.

Penyebab utamanya karena dehidrasi

Normalnya disebabkan oleh dehidrasi internal atau eksternal. Namun kondisi kulit kepala seperti eczema dan psoriasis juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Perubahan cuaca, mencuci rambut dengan air panas, terlalu sering keramas, penggunaan sampo dan kondisioner yang menguras minyak alami pada rambut, atau pemakaian produk penataan rambut berlebihan yang menimbulkan penumpukan residu. Akibatnya kulit kepala iritasi, gatal, dan akhirnya memicu rontoknya serpihan.

Solusinya adalah menambah kelembapan

Coba amati rutinitas perawatan rambut kamu selama ini. Mungkin kamu perlu menggunakan sampo dan kondisioner yang melembapkan. Atau sampo yang membersihkan kulit kepala untuk membantu menghilangkan sisa-sisa produk penataan rambut. Kamu juga bisa menggunakan hair oil, yang bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, untuk membantu menutrisi kulit kepala dan rambut. Gunakan juga sikat rambut dengan ujung bulat yang membantu meratakan minyak alami pada rambut.

 

 

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :