×

Traveling

Kunjungi Masjid Termegah Di Indonesia “Masjid Rahmatan Lil-Alamin”

Liani • 10 hari yang lalu

Kunjungi Masjid Termegah Di Indonesia “Masjid Rahmatan Lil-Alamin”

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi masjid yang tidak digunakan untuk Sholat Jum'at, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Masjid Rahmatan Lil Alamin menjadi salah satu masjid terbesar serta terindah yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan dari bentuk bangunan masjd ini memang lain daripada biasanya. Masjid yang berada di kawasan kompleks Ma’had Al-Zaytun, Gantar, Indramayu, Jawa Barat berdiri di atas area yang memiliki luas sampai 6,5 Ha. Lantai bangunan dari masjid ini memiliki ukuran 99 x 99 meter dimana terdapat 7 lantai (ditambah dengan lantai basement) dengan memiliki 5 buah kubah masjid dan satu menara.


Via Rahmaanlilalamin.id
Masjid ini diperkirakan mampu menampung 100.000 orang loh gan. Keren kan. Masjid yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat ini merupakan masjid termegah di Indonesia. Berada di desa Mekarjaya, Kecamatan Heurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bergaya tradisional kontemporer. Desainnya mencakupi masjid-masjid diseluruh dunia. Bentuk lengkungan pada Mihrab misalnya mengadopsi mengadopsi lengkungan Masqura Masjid Cordoba yang dibangun oleh Umayyah. Sedangkan betuk lengkungan pada empat gerbang utama masjid mengadopsi lengkungan yang lazim digunakan pada masjid di Mesir yang dibangun oleh Fatimiyah.Dan sebagai prasarat untuk ketahannya digunakan bahan granit yang bisa bertahan hingga ribuan tahun lamanya.   Masjid ini memiliki arti rahmat bagi semesta alam, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Masjid Rahmatan Lil-Alamin dibangun oleh Universitas Al-Zaytun. Tingginya enam lantai dan diklaim mampu mengakomodasi hingga 100.000 jamaah

Sesuai namanya, perwujudan arsitektur bangunan Masjid Rahmatan Lil Alamin harus sesuai dengan nama agung yang disandangnya. Konsep Rahmatan Lil Alamin diwujudkan dalam bentuk delapan penjuru mata angin. Mulai dari tapak persegi delapan, bentuk fisik bangunan yang juga segi delapan, dan jumlah kubah kecil yang mengitari kubah besar yang juga berjumlah delapan.

Kesemuanya melambangkan delapan penjuru mata angin. Bentuk segi delapan bangunan Masjid jika dilihat dari sisi manapun baik utara, selatan, barat, timur, barat laut, barat daya, timur laut, dan tenggara akan seperti tampak depan keseluruhannya. Tidak akan terlihat belakang ataupun sudut seperti bangunan yang dibuat dengan persegi empat.

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :