×

Traveling

Lapangan Sepak Bola Dibangun Di Atas Air, Mau Mencooba?

Liani • 6 hari yang lalu

Lapangan Sepak Bola Dibangun Di Atas Air, Mau Mencooba?

Pulau Koh Panyee adalah kampung nelayan di Thailand yang telah berdiri sejak 200 tahun lalu.Sebagai kampung nelayan, beberapa bangunan dan rumah mengapung di atas air, termasuk lapangan sepak bola. Lapangan itu dibuat mengapung karena tidak ada daratan yang rata, sehingga tidak memungkinkan untuk membuatnya di tanah. Karena anak-anak di sana sangat menyukai sepak bola, warga pun mengumpulkan uang untuk membangun lapangan mengapung pada tiga puluh tahun lalu.

Lapangan bola di atas air ini telah dibangun sejak tiga puluh tahun yang lalu. Sementara kampung nelayan yang berpenduduk 1.500 jiwa telah berdiri sejak 200 tahun silam. Koh Panyee Football Club sempat memenangi laga sepak bola muda di selatan Thailand selama tujuh tahun berturut-turut, yakni tahun 2004 sampai tahun 2010. Saat ini lapangan bola di Koh Panyee menjadi objek wisata yang juga ramai didatangi turis.

Salah satu tim terbaik di Thailand selatan, Koh Panyee, muncul berkat lapangan mengapung itu. Salah satu anggota tim sepak bola tersebut, Bass, mengatakan masih sering membawa para pemain ke sana meski sudah ada lapangan di darat. "Kami ingin para pemain tidak melupakan tempat yang melahirkan klub," ujarnya yang saat ini menjabat sebagai manajer Koh Panyee FC. Meski lapangan kadang terguncang ombak, para pemain tetap mencoba mengontrol bola dengan baik.

 

Via Grid.id

Tidak Terlalu Besar

Berbeda dengan lapangan bola yang ada di darat, lapangan bola terapung ini memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 16 x 25 meter. Hal yang lebih seru saat bermain bola di lapangan ini adalah ketika salah satu pemain tak sengaja menendang bola hingga masuk ke laut. Mereka harus terjun langsung ke air untuk mengambil bola tersebut agar bisa melanjutkan permainan.


Teman-teman suka main bola? Di Pulau Panyi, Thailand ada lapangan sepak bola yang berbeda dari biasanya. Lapangan sepak bola ini terapung!

Perkampungan Nelayan, Pulau Panyi merupakan bagian dari daerah Thailand bagian Selatan, tepatnya Pha nga. Sekilas, pulau ini hanya terlihat seperti perkampungan nelayan biasa. Tetapi, ternyata Pulau Panyi punya satu hal unik, yaitu lapangan bola terapung.

Lapangan bola terapung ini dibuat oleh para nelayan pada tahun 2011 lalu. Lapangan sepak bola ini dibuat terapung karena daratan di kampung mereka sering terendam air ketika pasang laut. Kalau sudah begitu, masyarakatnya jadi tidak bisa bermain sepak bola. Maka, dibuatlah lapangan sepak bola yang terapung.

Tidak Terlalu Besar

Berbeda dengan lapangan bola yang ada di darat,  lapangan bola  ini memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 16 x 25 meter. Hal yang lebih seru saat bermain bola di lapangan ini adalah ketika salah satu pemain tak sengaja menendang bola hingga masuk ke laut. Mereka harus terjun langsung ke air untuk mengambil bola tersebut agar bisa melanjutkan permainan.

Tak hanya masyarakat lokal saja, turis asing yang kebetulan datang berkunjung pun senang ikut bermain di lapangan terapung ini.

Bagaimana Cara Membuat  lapangan bola terapung?

 lapangan bola  terbuat dari sekumpulan ban pelampung, Teman-teman. Pelampung disusun dengan pola tertentu, kemudian dilapisi triplek dan karpet hijau ala  lapangan bola . Tak lupa, gawang di sisi kanan dan kiri lapangan.

Tempat Wisata

Pulau Panyi terkenal karena  lapangan bola  ini. Banyak wisatawan yang penasaran ingin melihat dan bermain langsung di sana. Mereka akan dikenakan biaya sewa untuk bermain di lapangan. Masyarakat setempat banyak yang menjajakan makanan dan minuman bagi para wisatawan.

Jika merasa bosan, para nelayan siap mengantarkan turis berkeliling ke pulau-pulau sebelah.

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :