×

Healthy

Letak Jerawat di Wajah Mengungkap Kesehatan

Liani • 9 hari yang lalu

Letak Jerawat di Wajah Mengungkap Kesehatan 

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang tak hanya menjengkelkan saja. Lebih jauh, jerawat juga bisa membuat kita merasa kurang percaya diri dan minder. Tapi tahukah kamu, ternyata keberadaan jerawat di wajah bisa menunjukkan kesehatan kamu lho. Ketika jerawat muncul di wajah, hal ini bisa menebak kesehatan kamu dan penyebab dari munculnya jerawat tersebut. 

Menghilangkan jerawat dari wajah bukanlah perkara mudah. Apalagi ketika Anda telah mencoba berbagai cara dari mulai penggunaan produk anti jerawat di rumah hingga perawatan ke dokter kulit, namun jerawat tetap saja muncul.

Apalagi kerap Anda sadari munculnya jerawat selalu saja di bagian wajah tertentu, semisal dagu yang menjadi tempat favorit jerawat tumbuh.


Keberadaan jerawat pada wajah ternyata dapat dikaitkan sebagai tanda adanya suatu masalah kesehatan pada tubuh. Maka dari itu Bazaar mencoba merangkum mengenai letak jerawat dan arti dari problem tersebut agar Anda dapat menemukan metode pengobatan yang tepat.

Via Googleplus

Dahi

Jerawat yang kerap muncul di bagian dahi pada umumnya menandakan terdapat masalah pencernaan akibat toksin dari kurangnya mengonsumsi air mineral. Maka untuk mengurangi jerawat pada dahi, selain dengan bantuan produk perawatan wajah, hendaknya perbanyak minum air mineral untuk mengeluarkan toksin dari tubuh.

Selain air mineral, teh hijau juga bermanfaat bagi kulit karena mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menetralisasi racun.

T-Zone
Area wajah ini berhubungan erat dengan kondisi hati Anda. Apabila Anda kerap menyantap makanan berlemak atau alergi terhadap makanan tertentu, maka jerawat yang muncul di bagian T-zone harus dijadikan sinyal untuk memperbaiki pola makan. Caranya tentu saja dengan perbanyak sayur dan buah, serta menghirup udara segar.

Mata bagian bawah
Jika ada jerawat di bagian mata, perhatikan kesehatan ginjal Anda. Biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok, konsumsi minuman berakohol, kulit wajah tidak bersih, dan menderita lemah jantung. Atasilah dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dan rutin membersihkan serta merawat wajah. 

Pipi bagian atas
Kesehatan paru-paru Anda berkaitan erat dengan jerawat yang muncul di pipi bagian atas. Bagi Anda yang hidup di kota besar dengan tingkat polusi tinggi, maka kehadiran jerawat di area tersebut kerap sulit dihindari.

Selain itu, bakteri yang bersarang di telepon genggam atau tidur di atas sarung bantal yang tidak bersih juga memberikan kontribusi terhadap keberadaan jerawat di pipi atas.

Pipi bagian bawah
Pernahkah terbesit di pikiran Anda kalau kebersihan mulut ternyata berperan besar terhadap jerawat yang muncul di pipi bagian bawah? Ya, masalah mulut terutama gusi Anda sangat mempengaruhi kesehatan wajah di bagian pipi bawah. Maka, sebaiknya rutin menggosok gigi, flossing, dan hindari makanan manis. 

Hidung
Keberadaan jerawat di hidung identik dengan kondisi jantung Anda. Beberapa penyebabnya adalah pencemaran udara, terlalu lama berada di ruangan tertutup yang lembap, masalah pencernaan berujung pembengkakan usus, serta pola makan tidak sehat.

Selain itu, tekanan darah tinggi juga menjadi faktor munculnya jerawat di hidung. Solusinya adalah rutin berolahraga di pagi hari ketika udara masih segar dan diet sehat.

Telinga 
Jerawat di bagian telinga juga menandakan adanya permasalahan pada ginjal. Bisa jadi tubuh Anda sedang mencoba memberitahukan kalau Anda mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak minum air mineral minimal delapan gelas sehari dan hindari konsumsi garam berlebihan.

Dagu
Apabila Anda memiliki jerawat di dagu, besar kemungkinan disebabkan oleh ukuran usus yang kecil. Dan sama seperti beberapa bagian tubuh lainnya, diet adalah jalan terbaik untuk mengatasinya.

Leher
Jerawat pada leher menandakan tubuh Anda sedang melawan bakteri untuk mencegah infeksi. Perbanyak istirahat, lakukan relaksasi, dan minum air mineral yang banyak agar tubuh Anda bugar kembali serta jerawat tidak muncul lagi.

Banyaknya produk perawatan wajah yang ditawarkan di pasaran memang dapat membantu menghilangkan jerawat. Namun, sebaiknya perhatikan pula letak jerawat pada wajah Anda dan pelajari artinya agar Anda mampu melenyapkan jerawat dari dalam. 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :