×

Healthy

Main Gadget Terus Seharian? Waspada Munculnya Penyakit-Penyakit Berikut Ini

Rany Martha • 5 bulan yang lalu

Main Gadget Terus Seharian? Waspada Munculnya Penyakit-Penyakit  Berikut Ini

Saat ini hampir setiap saat waktu orang dihabiskan di depan gadget. Kemanapun pergi, barang inilah yang selalu dibawa orang. Bila kita cek di dalam saku baju seseorang, selain dompet yang ada di dalamnya biasanya hp. Bahkan pada saat itu, selain bantal, benda yang paling dekat biasanya adalah hp. Dalam jangka panjang, beberapa orang sudah mulai mengeluhkan masalah-masalah kesehatan yang sering mereka rasakan. Beberapa diantara yang perlu Anda waspadai adalah:

Masalah penglihatan

I

Via Indomedia.com

Ada banyak pengguna sosmed yang curhat di status mereka lantaran terus menerus di depan layar smartphone yang mengandung radiasi, mata menjadi perih, berair hingga penglihatan yang berkurang. Bila hari-hari yang Anda lakukan di depan layar komputer atau handphone, hal ini akan menjadi keluhan utama. Maka jangan heran jika saat ini kita banyak melihat mereka yang usianya masih muda mulai menggunakan kacamata.

Kepala sakit, mual dan pusing

Q

Via Teknobos.com

Hal ini juga banyak dikeluhkan oleh mereka para pengelola olshop yang setiap detik memantau handphone untuk melayan pelanggan. Bahkan hingga larut malam pun masih menjadi admin untuk mengurusi bisnis. Memang respon setiap orang berbeda akan hal ini, namun keluhan yang paling umum dirasakan oleh mereka yang sehari-hari tak lepas dari gadget adalah sakit kepala, pusing hingga rasa mual.

Masalah berat badan

E

Via Hellosehat.com

Wah, percaya atau tidak seseorang yang selalu beraktivitas di depan hp atau laptop cenderung akan jarang melakukan aktivitas fisik. Lebih suku duduk, berbaring dan saraf motoriknya jarang bekerja. Bila hal ini terjadi pada anak-anak, akan menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak, misalnya lambat jalan, lambat bicara dan sebagainya.

Pada orang dewasa pun akan sedikit berefek sama, malas bergerak, malas berjalan dan lebih suka diam di rumah. Bahkan untuk makan pun tinggal menekan handphone, untuk bepergian tinggal menekan handphone, untuk belanja tinggal menekan handphone. Kurangnya aktivitas fisik akan berpengaruh pada berat badan.

Banyak orang mengaku jujur, ketika mereka memasang jasa pengantaran makanan online, kecenderungan mereka untuk memesan makanan secara online menjadi meningkat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan badan, sebab seringkali orang makan karena keinginan bukan karena rasa lapar yang muncul.

Resiko kanker

F

Via Wordpress.com

Hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan peneliti. Radiasi yang terus menerus masuk ke otak oleh beberapa peneliti disebutkan dapat memicu terjadinya resiko sel kanker pada jaringan otak. Namun penelitian yang lain membantah akan hal ini. Apapun itu, yang paling penting jangan berlebihan dalam menggunakannya dan tetap harus membuat waktu jeda untuk kebaikan esehatan dan sosial lingkungan.

Atur lah kembali waktu Anda di depan gadget. Meskipun Anda mendapatkan banyak uang dari aktivitas tersebut, sayangi juga kesehatan Anda. Ambil lah waktu untuk istirahat dan memandang pemandangan yang hijau dan segar. Letakkan handphone dan buat waktu yang tepat untuk menjenguknya.

Jangan sampai orang-orang di sekitar Anda merasa tak nyaman dengan sikap Anda. Anak-anak biasanya akan malas mendengarkan perintah orang tua saat sibuk bermain gadget. Jangan sampai hal ini terjadi terus menerus dan menjadi kebiasaan. Bukan hanya kesehatan yang akan bermasalah tapi juga prilaku sosialnya turut mengganggu. Jika mata mulai sakit, jangan lupa minumlah segelas jus wortel dan tomat untuk membantu mengatasi masalah mata Anda.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :