×

Food

Makanan Warisan Budaya Dunia

Liani • 1 bulan yang lalu

Makanan Warisan Budaya Dunia

Bagi penggemar kuliner, boleh jadi belum mengetahui bahwa kuliner termasuk warisan budaya dunia UNESCO. Komisi khusus yang membahas dan menanganinya The Committee for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage.Tujuannya untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya dari arus globalisasi. Badan tersebut dibentuk pada 2003 lalu. Sejumlah negara memiliki kulinernya menjadi salah satu warisan budaya UNESCO. Tak hanya Indonesia, tapi juga negara-negara lain yang juga mempunyai kuliner yang dianggap unik dan istimewa. 

Lumpia

Bagi Indonesia yang kaya akan kuliner tradisional sangat terbuka peluangnya untuk mendaftarkan kuliner khasnya dengan syarat kuliner tersebut sudah lama berakar di Indonesia dengan syarat cara pembuatan dan penyajiannya  terstandarisasi dan tidak ada kuliner sejenis yang ada di negara lainnya.  Hal penting lainnya adalah data pendukung berupa sejarah dan dokumentasi tertulis  yang menyatakan bahwa kuliner tersebut memang asli Indonesia. Lumpia yang merupakan jajanan khas Semarang, Jawa Tengah, sudah resmi diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2014 lalu. Meski berasal dari budaya Tiongkok, tapi cita rasa lumpia telah dimodifikasi sesuai dengan lidah orang Indonesia. Keberhasilan mendaftarkan warisan budaya baik yang berupa bangunan ataupun bentuk warisan buadaya lainnya tentunya bukanlah tujuan akhir.

Pizza

Selain lumpia, pizza jenis Naples dari Italia pun jadi salah satu makanan yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya Italia pada 2017. Pizza jenis ini rasa dan bentuk serta cara membuatnya dibakar dengan oven pembakar batu dengan bahan bakar kayu.

Washoku

Hidangan tradisional Jepang ini pun masuk daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak 2013. Selain lezat, makanan ini pun menyehatkan. Washoku memiliki lima citarasa, lima elemen, dan lima teknik memasak.

Nsima

Nsima merupakan olahan terbuat dari jagung yang ditumbuk sebagai pengganti nasi. Makanan ini berasal dari negara Malawi di Afrika dan menjadi salah satu makanan yang juga masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Baguette

Secara tradisional bahan pembuatan baguette hanya berupa tepung gandum, air, ragi dan garam dan harus disajikan dalam keadaan segar (baru di oven). Kecintaan orang Perancis terhadap baguette diwujudkan dalam bentuk undang undang yang melindungi warisan budaya kuliner ini pada tahun 1993 lalu. French baguette yang sudah lama mendunia ini memang sudah menjadi kebanggaan rakyat Perancis yang terkenal dengan kuliner kelas dunianya. Upaya perancis mendaftarkan French baguette   sebagai warisan budaya dunia bukanlah yang pertama kalinya.  Banyak budaya kuliner Perancis yang sudah berhasil didaftarkan dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :