×

Traveling

Mampir Ke Minahasa, Ini Wisatanya

Liani • 13 hari yang lalu

Mampir Ke Minahasa, Ini Wisatanya

Dulu sebelum ada pemekaran daerah, Minahasa merupakan sebuah kabupaten terbesar di Sulawesi Utara, di bagian timur laut Pulau Sulawesi. Kini Minahasa telah terbagi dalam lima kabupaten hasil pemekaran. Mengunjungi Minahasa, bisa dilakukan melalui pintu masuk Bandara International Samratulangi di Manado. Wisawatan bisa memilih menginap di berbagai hotel yang ada di Manado, atau langsung memilih tinggal di Tondano.

Pemekaran, telah membagi Minahasa menjadi , yakni Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kota Tomohon, dan Minahasa. Tondano adalah ibukota Minahasa. Jika dari Manado, Minahasa bisa dicapai dengan perjalanan mobil sekitar satu hingga dua jam. Paket wisata ke Minahasa biasanya dirangkaikan dengan wisata ke Kota Tomohon, karena salah satu rute menuju Tondano akan melewati Tomohon.

Rute lain adalah mengambil paket wisata ke Minahasa Utara lewat jalur Sawangan dan Tanggari. Ada pula alternatif melewati Tonsea melalui jalan Kema, Makalisung terus ke Kombi hingga masuk ke Tondano. Semua jalur yang disebutkan di atas tidak kalah indahnya. Danau Tondano adalah suguhan wisata utama di Minahasa. Danau yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut ini mempunyai luas sekitar 4.000 hektar. Wisata alam di Danau Tondano menyajikan danau terluas di Sulawesi Utara, dengan Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang yang mengapit. Aktivitas para nelayan dengan karamba atau alat penangkap ikannya, menjadi pelengkap suguhan pemandangan.

Via Krjogja.com

Di seputar Danau Tondano terdapat pula berbagai objek wisata seperti Sumeru Endo di Remboken, Bukit Pinus di Toliang Uki, dan Gua Tikus Tasuka. Jika ingin melihat perairan Laut Maluku, wisatawan dapat menuju ke Tondano Pante. Sayang danau indah ini terancam keberadaannya dengan kehadiran enceng gondok yang sulit dikendalikan. Untuk puas menikmati Danau Tondano dan sajian alam di sekelilingnya, pastikan menyisihkan waktu yang cukup panjang.

Jangan ketinggalan, bila di Kawangkoan maka penganan "wajib"-nya adalah kacang Kawangkoan. Kacang ini sudah menjadi oleh-oleh khas dan terkenal, karena ukurannya yang besar.

Minahasa bukan hanya indah dengan alamnya, tetapi pula terkenal dengan keramahan penduduknya. Orang Minahasa juga terkenal dengan sajian kuliner ekstrem. Bagi sebagian orang, suguhan kuliner Minahasa memang hanya bisa dilihat tetapi tak bisa disantap. Namun bagi yang tertantang menjajal masakan olahan daging tikus, anjing, biawak, ular, bahkan monyet, Minahasa-lah tempatnya...

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :