×

Food

Mampu Meningkat Energi Disarankan Minum Susu Cokelat Setelah Olga

Liani • 4 bulan yang lalu

Mampu Meningkat Energi Disarankan Minum Susu Cokelat Setelah Olga

Energi para atlet yang minum susu cokelat selama atau setelah latihan yang berat dapat pulih lebih cepat, daripada mereka yang mengonsumsi minuman olahraga atau minuman berenergi.Dilansir dari NDTV, sebanyak 150 orang atlet terlibat dalam uji coba ini. Mereka diminta untuk melakukan kegiatan olahraga seperti lari atau bersepeda. Kemudian, mengharskan mereka untuk minum susu cokelat.

Para peneliti pun menganalisis tanda pemulihan pasca-aktivitas, seperti seberapa lelah mereka, denyut jantung dan tingkat asam laktat, yang meningkat selama latihan yang intens.Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa atlet yang minum susu cokelat dapat bekerja selama satu menit lebih lama, sebelum mencapai kelelahan, dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo.

Lalu, dikutip dari Newsweek, enam menit lebih lama dengan mereka yang mengonsumsi minuman olahraga.Para partisipan yang minum susu cokelat juga merasa bahwa mereka mengeluarkan lebih sedikit tenaga.“Pesan yang disampaikan dalam penelitian ini adalah bahwa susu cokelat itu merupakan pilihan murah, enak dan lezat untuk pemulihan,” jelas Dr. Amin Salehi-Abargouie dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences di Yazd, Iran, yang memimpin penelitian ini.

“Dan menimbulkan efek yang sama bahkan lebih bagus jika dibandingkan dengan minuman-minuman yang ada di pasaran," imbuhnya.Dia menambahkan bahwa susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit dan beberapa vitamin yang membuat minuman ini merupakan pilihan yang baik untuk pemulihan pada atlet.

Hasil penelitian ini membuat para penggemar olahraga bersukacita. Aisling Pigott, seorang ahli gizi berkualifikasi dan juru bicara untuk British Dietetic Association yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa sekarang ini kita tinggal di dunia di mana kita dibombardir iklan produk-produk kesehatan, setiap kali memasuki toko atau hanya menyalakan komputer.

“Penelitian ini menyoroti bahwa bagi mereka yang berolahraga secara intens, atau untuk daya tahan tubuh, mereka tidak perlu produk nutrisi olahraga atau minuman protein,” kata Pigott.“Susu cokelat yang sederhana bisa memiliki manfaat yang sama baiknya," ungkapnya.

Akan tetapi, Pigott menekankan bahwa penelitian terkait susu cokelat sebagai sumber nutrisi untuk membantu pemulihan tidak boleh ditafsirkan sebagai lampu hijau untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

“Jika Anda minum susu cokelat, atau sesuatu, setiap hari dengan aktivitas yang rendah atau sedang, hal tersebut akan memberikan terlalu banyak gula dan kalori. Akhirnya akan menyebabkan kenaikan berat badan. (Susu cokelat) itu mengacu pada mereka yang memiliki kebutuhan energi tinggi dan kebutuhan pengisian bahan bakar," urainya.

Kim Spaccarotella, seorang peneliti biologi dari Kean University di Union, New Jersey, Amerika Serikat, yang juga tidak terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa tanpa susu cokelat pun seorang atlet tetap bisa meningkatkan pemulihan.

“Setiap makanan yang mengandung karbohidrat, protein, cairan dan elektrolit, serta diukur dengan baik, akan membantu pemulihan,” jelas Spaccarotella.“Selain susu cokelat, ada beberapa pilihan lain seperti sereal dengan susu atau smoothies," tambahnya.Beberapa pilihan sehat pasca-olahraga lain yang menawarkan makanan rendah lemak dengan tingkat protein dan karbohidrat yang cukup, termasuk telur dan roti bakar, granola dengan yoghurt, atau roti lapis ayam.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :