×

Food

Masakan Dengan Tomat Memberikan Kesehatan dan Menambah Citarasa Nikmat

Liani • 4 bulan yang lalu

Masakan Dengan Tomat Memberikan Kesehatan dan Menambah Citarasa Nikmat

Siapa yang tidak mengenal buah tomat? Tomat merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim sehingga mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja. Selain mudah didapat, manfaat tomat sangat baik untuk kesehatan. Manfaat tomat untuk kesehatan berhubungan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin. Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen. Zat inilah yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Mengatasi peradangan

Manfaat tomat yang pertama yaitu sebagai anti-peradangan karena tomat mengandung tomatine. Selain itu, khasiat tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran pada wajah karena mengandung asam sitrat. Tomat juga bermanfaat untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

  1. Mencegah kerusakan kulit

Menurut sebuah penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Manfaat tomat untuk wajah juga membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata dapat membuat mata lebih sehat karena kandungan beta karoten. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

  1. Mengatasi penggumpalan darah

Khasiat tomat berikutnya yaitu dapat mengatasi kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan jumlah sperma pada laki-laki. Selain itu, manfaat tomat juga dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi bisul

Manfaat tomat yang jarang orang tahu yaitu untuk mengobati bisul. Berikut ini cara mengobati bisul dengan timat; panaskan biji tomat dan dagingnya, kemudian letakan di atas bisul selama beberapa saat.

  1. . Mengatasi jerawat

Selain bisul, manfaat tomat untuk wajah yang berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 1 bulan.

Resep Berbahan Tomat

 

Via Royco.id

Sup Merah/Tomat

Bahan-bahan

300 gr dada ayam

200 gr wortel yang dipotong bulat kecil

1 kaleng jagung manis

1 kaleng sosis sapi

1 siung bawang bombay

2 butir tomat, potong dadu kecil-kecil

Minyak sayur

Saus tomat

2 sdm tepung maizena

Bumbu halus

4 siung bawang putih

2 siung bawang merah

Bumbu penyedap rasa

Garam

Merica

1 blok kaldu ayam

Langkah

Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu sangrai dengan minyak sayur. Saat harum, masukkan bawang bombay yang sudah dirajang.

Masukkan dada ayam yang sudah dipotong dadu, aduk-aduk sampai berubah warna menjadi putih.

Masukkan tomat segar yang sudah dipotong dadu. Lalu tambahkan air dan kaldu ayam blok.

Masukkan potongan bulat wortel. Dan biarkan sampai air mendidih

Masukkan sosis yang sudah dipotong-potong bulat bersama jagung manis.

Tambahkan saus tomat sedikit demi sedikit sampai kuah berubah warna. Cicipi jangan sampai kuah terlalu asam

Masukkan tepung maizena yg sudah dilarutkan dalam air dingin. Aduk-aduk memutar sampai kuah mengental. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.

 

Sajikan hangat-hangat ditemani garlic bread.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :