×

Food

Mau Sehat, Hindari Mengonsumsi Bagian Tubuh Ayam Ini!

Liani • 5 bulan yang lalu

Mau Sehat, Hindari Mengonsumsi Bagian Tubuh Ayam Ini!

Di balik nikmaknya mengonsumsi kuliner jenis ayam, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan untuk menghindari bahaya.Yups, ternyata tidak semua bagian tubuh unggas ini aman dinikmati. Ada beberapa bagian tubuh ayam yang dianggap beracun dan sebaiknya dihindari.

Resep masakan ayam memang menjadi favorit banyak orang, ladies. Makanya tidak heran jika banyak orang yang suka membeli atau membuat sendiri masakan ayam. Namun, perlu kamu ketahui, bahwa ada beberapa bagian ayam yang sebaiknya tidak kamu konsumsi terlalu sering, lho. Mengapa? Karena bagian-bagian ayam ini enggak bagus buat kesehatan tubuh kamu, 

Kulit Ayam

Via Female.com

Enggak bisa dipungkiri, resep masakan kulit ayam memang disukai banyak orang, mulai dari masakan kulit ayam yang digoreng garing hingga sate kulit ayam. Namun, ternyata kulit ayam tidak bagus buat kesehatan kamu, lho. Kulit merupakan bagian tubuh ayam yang disuntik hormon dan antibiotik sehingga sisa-sisa bahan kimia ini masih terkandung pada kulit ayam. Selain itu, terkandung pula racun yang bersifat larut dalam lemak pada kulit ayam.  Kalau kamu terlalu sering mengonsumsi kulit ayam, kamu berisiko mengalami obesitas.

Ceker Ayam

Via Cookpad.com

Resep masakan ayam bagian ceker juga digemari banyak orang bukan? Mulai dari mi ayam ceker, soto ceker, hingga ceker dimsum memang sangat nikmat dan bikin nagih, ladies. Tapi, ternyata ceker ayam juga enggak bagus buat tubuh kita, lho. Yup, perlu kamu ketahui, ceker merupakan salah satu bagian tubuh yang disuntik oleh zat kimia guna proses pengembangbiakan dan pertumbuhan ayam. Ceker ayam bahkan bisa menyebabkan risiko penyakit kanker serviks, kanker payudara, kanker rahim, serta endometriosis, jika dikonsumsi secara berlebihan oleh para wanita.

Sayap Ayam

Via Bintang.com

Well, siapa sih yang enggak suka sayap ayam? Bagian ayam satu ini memang favorit banyak banget orang di seluruh dunia, baik pria, wanita, maupun anak-anak, Beautynesian. Tapi nyatanya, sayam ayam bisa menyebabkan tumor jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering, lho. Hal ini dikarenakan sayap ayam merupakan bagian ayam yang disuntik hormon seiring pertumbuhan si ayam. Bahkan, sayap ayam bisa disuntik hormone sebanyak 4 kali dan menyebabkan tumor. Hindari ya sebisa mungkin makan sayap ayam.

Leher Ayam dan  Kepala Ayam

Via Tipscaraterbaik

Meski bukan bagian favorit, resep masakan leher dan kepala ayam juga cukup digemari oleh kalangan penikmat kuliner, lho. Tapi sebaiknya kamu menghindari memasak dan mengonsumsinya terlalu sering ya.  Kenapa? Karena di bagian ayam ini terdapat kelenjar getah bening yang berbentuk benjolan kecil. Nah, kelenjar getah bening berfungsi untuk melindungi ayam dari bibit-bibit penyakit yang mausk ke tubuhnya. Jadi, di bagian inilah ada banyak kuman serta bakteri, 

Hati Ayam

Via Anis’ diary

Terakhir, ada jeroan ayam yang sebaiknya juga kamu hindari, ladiesFor your info, dalam jeroan ayam seperti hati, terdapat sisa-sisa racun mengingat fungsi hati ialah menetralkan racun yang masuk ke tubuh si ayam. Nah, kalau kamu terlalu sering mengonsumsi hati ayam ini, kamu berisiko mengalami gangguan pencernaan, meningkatnya kadar kolestrol, serta asam urat.

Brutu

Via Cookpad.com

Pada bagian pantat atau brutu ayam banyak terdapat kelenjar getah bening. Di dalam kelenjar, ada yang dinamakan Makrofag atau sejenis sel darah putih yang membantu membersihkan bakteri, virus, mikroba, hingga zat karsinogen penyebab kanker yang masuk ke tubuh ayam. Akan tetapi, Makrofag tak mampu menguraikan racun. Akhirnya racun pun tertimbun di bagian ini.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :