×

Healthy

Memakai Pelembap tapi Kulit Masih Kering

Liani • 1 bulan yang lalu

Memakai Pelembap tapi Kulit Masih Kering

Produk pelembab sangat penting bagi kulit kita. Namun, masih banyak yang melewatkannya. "Banyak orang tidak peduli pentingnya kulit yang terhidrasi," ujar Direktur Dermatolog Kosmetik di South Shore Medical Center, Joyce Imahiyerobo-Ip, M.D. Padahal kulit yang dehidrasi bisa menyebabkan sejumlah permasalahan, seperti peradangan dan bruntusan. Namun, mereka yang memiliki tipe kulit berminyak kadang berpikir untuk mengurangi pemakaian pelembab. 

1. Paparan sinar UV

Sinar matahari memang sangat 'jahat' bagi kulit. Menggunakan pelindung seperti pakaian lengan panjang, payung, topi atau kacamata hitam adalah hal waji saat harus keluar ruangan di tengah hari.

"Sekarang paparan sinar UV semakin panas dan waktunya semakin panjang. Selain mengubah warna kulit, sinar UV juga menyebabkan kulit kering. Jadi di mana ada sunray, kita harus pakai protection," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Kardiana Purnama Dewi, dalam peluncuran Marina UV White E Collagen Asta Hand Body Lotion di Jakarta beberapa waktu lalu.

  1. Polusi

Kalau terbiasa beraktivitas di luar ruangan, kamu akan merasa kulit lebih mudah kering. Hal tersebut terkait polusi dari asap kendaraan bermotor. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan pelembap yang cukup untuk menghidrasi kulit.

  1. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang tidak menentu dari panas ke dingin menyebabkan kulit sulit beradaptasi dengan suhu dan mengering. Apalagi, jika kamu tidak memakai pelembap yang cukup karena merasa kulit sudah cukup berminyak. Jadi, pakailah pelembap yang cukup di cuaca dingin maupun panas agar kulit tetap lembap.

  1. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat memang sangat nyaman. Rasa pegal akan menghilang dan kamu merasa lebih tenang. Tapi, suhu yang hangat menyebabkan kulit kering.

"Mandi pakai air hangat bisa mengikis kelembapan alami kulit. Jadi, kulit terasa kering. Sebaiknya, pakai air bersuhu normal saja. Enggak terlalu dingin maupun panas," katanya.

  1. AC

Banyak orang yang merasa lebih lembap kalau pakai kipas angin. Akhirnya, orang lebih memilih pakai AC. Padahal, paparan AC sangat mudah membuat kulit kering. Makanya, orang yang terlalu sering terkena AC perlu menggunakan losion supaya kulitnya tidak kering dan mudah keriput.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :