×

Food

Membuat Telur Gulung Ala Jajanan Kaki Lima

Liani • 1 hari yang lalu

Membuat Telur Gulung Ala Jajanan Kaki Lima

Dengan telur gulung saat SD tapi enggak tahu belinya dan mendapatkannya dimana? Jangan khawatir, karena kali ini kami akan berbagai resep mudah membuat telur gulung. So, buat kamu yang ingin coba membuatnya, yuk simak resep berikut ini!

Renyah dan gurih, dua kata yang menjelaskan kenapa jajanan telur gulung tusuk digemari oleh banyak orang. Meskipun awalnya populer di kalangan anak-anak sekolah, tak jarang jajanan ini disajikan dalam berbagai kesempatan. Biar kamu enggak bertanya-tanya, ternyata kunci dari kelezatan dan bentuk yang unik terletak pada kandungan air dan tepung maizena lho!

Via Grid.id

Telur gulung SD atau lebih dikenal dengan nama sate telur ini tentunya udah menjadi jajanan wajib. Selain rasanya yang endeus banget, sate telur yang satu ini ternyata mudah banget untuk dibuat sendiri lho Beautynesian! Penasaran gimana caranya buatnya? Berikut resepnya!

Alat-Alat

Sediakan alat memasak yang di perlukan seperti penggorengan, spatula, 10 tusuk sate, kompor dan celemek agar baju kamu tetap bersih ketika memasak. Nah, kalau alat sudah lengkap semua, berikut ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan dahulu!

Bahan-Bahan

  1. 5 Butir telur ayam segar
  2. 2/5 sendok makan tepung terigu halus
  3. 1 Bungkus penyedap rasa ayam
  4. Sejumput garam
  5. Sedikit air (jumlah air sesuai dengan seberapa cair adonan telur yang akan kamu buat)

Alat sudah siap, bahan-bahan juga sudah lengkap, langsung ke tahap pembuatannya:

Via Youtube.com

  1. Pecahkan telur ke dalam wadah dan kocok
  2. Kocok bahan menjadi Satu
  3. Berikan bumbu garam, merica, kaldu bubuk sesuai selera
  4. Tuang tepung maizena yang telah dicairkan sedikit demi sedikit hingga semuanya tercampur rata.
  5. Panaskan minyak di penggorengan dengan api kecil hingga mendidih lalu tuangkan telur secara sedikit dan perlahan.
  6. Gulung telur dengan menggunakan tusuk sate secara cepat, lalu sajikan dengan saus sambal atau mayonais sebagai topping pelengkap.

Note: Cara menggulung telur memang agak sedikit sulit buat kamu yang pertama kali mencobanya, namun kamu bisa melakukannya dengan sedikit trik yaitu: Setelah telur dituangkan, tunggu 5-8 detik lalu gulung telur secara diagonal secara cepat dan mantap. Jika gagal, cobalah terus because learning by doing is the best exercise you can get!

 

Tips: Karena jajanan ini dibuat dengan teknik deep frying, maka kamu memerlukan minyak goreng yang cukup banyak dan Jangan sampai minyak terlalu panas, karena telur jadi cepat matang dan susah digulung.

Tulis Komentar
Logo-DH

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :