×

Food

Mencicipi Parende, Makanan Khas Wakatobi

Liani • 18 hari yang lalu

Mencicipi Parende, Makanan Khas Wakatobi

Daging kakap segar ditemani kuah kekuningan berbumbu rempah. Rasanya asam pedas, bikin lidah bergetar. Konon, orang sakit pun tak sanggup menolak daya tariknya. Selera makan kembali tergugah. Itulah Parende, makanan khas dari Kota Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di sana, makanan tersebut bisa didapatkan dengan mudah. Dari warung makan kecil-kecilan, sampai restoran ternama seperti yang disajikan di atas meja koki yang terlihat dari sisi luar jendela dapur milik Resort Wasabi di Kota Wangi-Wangi.

Waktu menunjukan pukul 12.15 menurut zona waktu Indonesia bagian tengah. Seorang pelayan bersiap melayani tamu di salah satu sudut restoran itu. Sekejap jarinya menunjuk pada menu bertuliskan kata 'Parende' begitu ditanya menu andalan restoran ini. Penggugah selera makan Ikan Parende  disuguhkan di dalam mangkuk putih. Ini adalah olahan ikan kakap dengan kuah kekuningan karena sudah dicampur kunyit, tomat, dan cabai.

Aroma khas langsung tercium. Selain asam dan pedas, rasanya dominan gurih. Setelah menyeruput kuahnya yang asam dan cukup membuat lidah bergetar karena rasa pedasnya, ini waktu yang tepat untuk mencicipi ikan kakapnya. Tekstur daging ikannya sangat lembut. Nah, hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan nasi. Hati-hati, semangkuk sajian bisa membuat penikmatnya kalap untuk menghabiskan banyak nasi. Konon, menurut warga setempat, sajian ini cocok bagi mereka yang sedang flu dan kehilangan selera makan. Rempah-rempah pada sajiannya ampuh mengusir flu.Berikut cara memasaknya:

Bahan yang perlu dikumpulkan untuk pembuatan ikan parende, yakni:

ikan kakap merah 500 gram dipotong menjadi enam bagian

1.500 ml air putih, dua batang daun sereh

satu lembar daun salam

empat buah jeruk nipis (peras dan ambil airnya)

tiga batang daun kemangi yang sudah diris-iris

tiga butir bawang merah (iris tipis)

tiga buah belimbing wuluh

dua buah tomat hijau

satu batang daun bawang (iris tipis)

enam buah cabai rawit

merica scukupnya

garam secukupnya

gula secukupnya.

Cara Membuat:

Pembuatan ikan parende diawali dengan memasak air hingga mendidih

kemudian ikan kakap merah di masukan

Bersamaan dengan itu di masukan pula sereh dan daun salam  di dalam air mendidih tadi.

Setelah ikan terlihat matang, baru tambahkan tomat,  bawang merah, daun kemangi, belimbing wuluh, jeruk nipis, daun bawang, cabai rawit, garam, merica dan gula

Untuk menambah kenikmatan bisa pula ditaburkan bawang goreng, setelah masakan tadi sudah matang.

 



Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :