×

Food

Mencuci Beras Agar Nilai Gizinya Tak Berkurang

Liani • 4 bulan yang lalu

Mencuci Beras Agar Nilai Gizinya Tak Berkurang

Telah dibuktikan dalam penelitian bahwa vitamin dalam beras terutama kandungan mineralnya bisa hilang ketika kita cuci.Sementara itu, bila beras tak dicuci dengan bersih nantinya nasi bisa lekas basi.Untuk menjaga gizinya, beras sebaiknya tidak dicuci lebih dari dua kali.Selama dicuci, beras juga tidak boleh diaduk terlalu sering, apalagi sampai diremas dan hancur.Bila sudah hancur, tentu beras akan kehilangan banyak gizinya.Jangan cuci beras sampai air cuciannya bening betul, karena tentu gizinya sudah pasti hilang terbuang bersama air cucian.

Sebenarnya, tak ada patokan berapa kali kita harus mencuci beras.Jawabannya, kembali pada kitaBila ingin nasi yang tahan lama, tentu kita harus cuci beras hingga bersih.Namun bila kita ingin nasi yang bergizi, ada baiknya untuk mencuci beras maksimal dua kali saja.

Jadi pertanyaanya, berapa kali kita sebaiknya mencuci beras?Pro Kontra Mencuci BeraYa, mencuci beras saja bisa menimbulkan pro kontra, lo.Pasalnya, kalau beras dicuci tidak sampai bersih betul, nasi bisa jadi cepat basi.Sedangkan, orang Indonesia terbiasa memasak beras sekali saja dalam sehari.Jadi, masak banyak dipagi hari untuk dimakan sampai makan malam.Malah tak jarang sering juga masih disimpan untuk keesokan harinya.Kalau sudah begini, tentu beras harus dicuci sampai bersih betul sehingga bisa lebih tahan lama.

Tapi, bagaimana dengan kandungan gizi di dalamnya?Sudah tentu ada yang hilang.
Untuk menjaga gizinya, beras sebaiknya tidak dicuci lebih dari dua kali. Anda ingin nasi yang tahan lama atau nasi yang bergizi.Kalau bisa sering-sering memasak nasi, ada baiknya memasak nasi yang hanya dicuci maksimal 2 kali.Tapi, kalau nasinya untuk dimakan seharian, cuci sampai agak bersih supaya tahan lama.

Toh, sebenarnya belum ada penelitian yang mejelaskan dengan pasti berapa banyak vitamin yang bisa hilang dengan mencuci beras.Asal tidak sampai airnya bening betul dan patah-patah bulirnya, beras harusnya masih mengandung cukup nutrisi bagi tubuh.Selama dicuci, beras juga tidak boleh diaduk terlalu sering, apalagi sampai diremas dan hancur. Kalau sudah hancur, beras sudah pasti kehilangan banyak gizinya.Ingat, beras juga tidak boleh dicuci sampai air cuciannya bening betul karena gizinya sudah pasti hilang terbuang bersama air cucian.Kalau dicuci hanya 2 kali, air cuciannya tentu masih agak buram.

Jadi Berapa Kali Harus Dicuci?
Jadi, sebenarnya tidak ada patokan berapa kali beras sebaiknya dicuci sebelum dimasak.
Jawabannya kembali pada Anda.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :