×

Traveling

Mendaki Gunung Pertama Kali? Simak 6 Tips Berikut untuk Para Wanita Hijabers

Getmeadesigner • 2 bulan yang lalu

Ada berbagai jenis travelling yang sedang hits oleh muda mudi kekinian. Beberapa aktivitas travelling yang menantang dan lebih mengutamakan faktor alam justru lebih digemari oleh muda mudi masa kini tidak terkecuali kaum wanita. Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas travelling yang menantang dan juga dilakukan karena hobi. Beberapa orang mendaki gunung karena ingin menikmati pemandangan yang sempurna dari atas puncak.

Pemandangan dari atas gunung yang indah memang menjadi alasan yang tepat untuk mendaki gunung. Belakangan wanita pun tertarik untuk mencoba aktivitas menantang ini tidak terkecuali juga wanita berhijab.

Tidak jarang wanita hijab pun juga ingin mencoba sesuatu yang baru seperti mendaki gunung walau memiliki beberapa dilema karena takut tidak aman dan mempertimbangkan hal buruk lainnya. Namun, jika kamu sudah berhasil keluar dari zona nyaman dan juga sudah berani mencobanya, ini akan menjadi pengalaman baru yang tidak terlupakan.

Untuk kamu yang baru pemula, ini dia beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan agar semakin berani untuk mencoba mendaki gunung:

Jagalah Kondisi Fisik Sebelum Melakukan Pendakian

Via Instagram @yuliyantii23

Untuk mendaki gunung, dibutuhkan kondisi fisik yang memang cukup kuat karena harus berjalan berkilo-kilo meter dengan medan yang cukup menantang plus barang bawaan yang berat. Sebaiknya, sebelum kamu melakukan pendakian, terlebih dahulu berlatih setiap harinya agar fisik dan mentalmu sudah terlatih. Cobalah untuk melakukan jogging setiap harinya sekitar 30 menit untuk melatih kaki dan jantung agar tidak kaget. Dengan berlatih setiap harinya, kamu dipastikan sudah siap mendaki gunung dengan bawaan yang berat.

Hilangkan Pikiran Negatif

Via Instagram @yuliyantii23

Awalnya, pasti kamu pernah merasa takut untuk memulai mendaki gunung dan juga ada beberapa pikiran negatif yang datang menghampiri. Tapi, jangan khawatir girls dengan selalu berserah kepada Tuhan dan rajin beribadah, semua pikiran negatif akan langsung hilang dan tidak menghampiri lagi. Yang terpenting ketika mendaki gunung adalah dengan selalu menjaga pikiran dan hati yang bersih agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapkan Perlengkapan Mendakimu

Via Amabel Travel

Sebelum mendaki gunung, ada banyak sekali kebutuhan yang akan kamu bawa nantinya mulai dari kebutuhan pribadi sampai dengan kebutuhan kelompok seperti tenda, alat masak, matras dan beberapa bahan masak untuk digunakan nantinya. Untuk kamu wanita berhijab, kamu perlu membawa beberapa perlengkapan seperti sleeping jacket, handuk, jas hujan, tisu basah dan mukena serta beberapa baju ganti dan hijab. Usahakan cek kembali perlengkapan mendakimu sebelum akhirnya berangkat.

Pilih Outfit Mendaki yang Tepat

Via  Instagram @yuliyantii23

Karena alam, pastinya kamu akan mengeluarkan keringat dari hasil pendakian gunung yang melelahkan. Nah, untuk aktivitas ini diperlukan baju dan hijab yang nyaman. Pilih bahan hijab yang nyaman dan mudah menyerap keringat agar keringat tidak menjiplak badanmu. Selain itu, karena gunung juga terkenal dengan angin dan cuaca yang dingin, jangan lupa untuk membawa jaket agar selalu terasa hangat dan tidak masuk angin.

Packing Hijab dengan Rapi

Via howtoinstructions.org

Gulung beberapa hijabmu di dalam ransel namun hindari menaruh hijabmu di bagian bawah ransel karena akan terlihat kusut. Agar tidak basah, kamu juga dapat membungkusnya dalam plastik beserta dengan baju gantimu agar jika tiba-tiba hijab, baju dan hijabmu akan selalu rapi dan tidak basah karena plastik.

Kebersihan Fisik Selalu Nomor Satu

Via Rooang.com

Wanita memang tidak bisa selalu jauh dari yang namanya kamar mandi apalagi yang namanya kebersihan. Sayangnya, dalam mendaki gunung, terkadang tidak ada kamar mandi yang benar-benar layak. Untuk mengatasinya, kamu dapat membawa tisu basah agar kebersihan selalu terjaga.

Bagaimana girls, apa kamu sudah siap untuk mendaki gunung? Pastikan kondisi fisik dan mental yang kuat sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari agar kamu dapat selalu enjoy untuk menikmati pemandangan alam gunung yang luar biasa.

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :