×

Tutorial & Life Style

Mengakali Sepatu Kekecilan Agar Nyaman Digunakan

Liani • 3 bulan yang lalu

Mengakali Sepatu Kekecilan Agar Nyaman Digunakan

Sepatu kekecilan sering jadi masalah bagi kebanyakan perempuan. Pemesanan online, sepatu cantik yang sudah kekecilan, sampai terburu-buru dan main bungkus saat mencari nomor sepatu, merupakan penyebab umum akhirnya sepatu jadi terasa kurang nyaman. Saat membeli sepatu baru sadar jika sepatunya kekecilan. Ini bisa berbahaya buat kesehatan kaki. Sebelum menggunakannya, ada trik sederhana untuk mengakali sepatu kekecilan agar pas di kaki.

Via Trivia.id
Manfaatkan kentang

Trik melebarkan sepatu pakai kentang ini ampuh digunakan pada sepatu plastik, dan sebaiknya tidak digunakan pada bahan lain. Selain itu, kentang juga mampu menyerap bau tak sedap pada sepatu. Pilih kentang kecokelatan dengan ukuran agak besar, kupas kulitnya, lalu masukkan ke ujung sampai terlihat tonjolan di bagian atas serta depan sepatu, dan biarkan semalaman. Sisa kentang yang menempel akan mudah dibersihkan dengan lap basah.

Gunakan alkohol

Masukkan alkohol dan air dalam botol semprot dengan perbandingan 1:1. Semprotkan ke dalam bagian sepatu, atau, langsung oleskan alkohol ke sepatu agar meregang dan lekas gunakan di kakimu selama 20 menit sebelum alkohol mengering. Cara lainnya, kamu juga bisa merendam kaus kaki dalam campuran air dan alkohol, lalu gunakan bersama sepatu hingga alkoholnya mengering. Ulangi beberapa kali jika perlu.

Gunakan sepatu di rumah

Gunakan sepatu kekecilan di dalam rumah dan pakai sambil berjalan-jalan. Sebelumnya, pakai kaus kaki dulu agar kaki terlindungi. Mungkin butuh beberapa hari hingga sepatu akhirnya melar, tapi cara ini sangat alami dan tak bakal merusak sepatu.

Menggunakan Kantong Air + Freezer

Cara yang super mudah ini bisa kamu lakukan untuk sedikit melonggarkan sepatu yang kekecilan. Suhu dingin efektif membuat sepatu berbahan kain & plastik melar, cara ini tidak berlaku untuk sepatu bahan kulit karena akan memicu kelembaban pada kulit sehingga rentan tumbuh jamur.

Sepatu Kulit akan Meregang dengan Hair Dryer

Membesarkan sepatu kulit yang kekecilan sebaiknya menggunakan cara ini, karena kulit akan melar jika dipanaskan. Gunakan cara ini dengan hati-hati karena suhu panas juga akan merusak lem sepatu.

Menggunakan Koran Basah

Membesarkan sepatu kekecilan dengan koran basah hanya bermanfaat untuk sepatu berbahan kain. Metode koran basah terbilang cukup mudah tapi efeknya sepatu menjadi sedikit basah sehingga tidak dapat langsung di pakai.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :