×

Traveling

Mengenal Pantai Dan Hotel Nihiwatu Sumba, Terbaik Di Asia

Liani • 7 hari yang lalu

Mengenal Pantai Dan Hotel Nihiwatu Sumba, Terbaik Di Asia

Wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata menyimpan Pantai yang masuk kedalam 100 pantai terbaik di dunia, pantai ini bernama Pantai Nihiwatu. Pantai itu berada di peringkat ke 17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu – satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia.

Pantai Nihiwatu yang berada di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan salah satu tujuan para surfer atau peselancar kelas dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Bahkan para peselancar menjuluki pantai ini dengan sebutan God’s Left. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri. Untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak di Pantai Nihiwatu tidak sembarang orang yang dapat melakukannya, termasuk orang Sumba sendiri. Pantai Nihiwatu memang merupakan salah satu pantai yang mempunyai sifat privasi bagi kalangan tertentu. Hal ini memang terdengar sedikit aneh, tetapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu.

Via Tropicsurf.com

Terletak di arah 30 Km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pantai ini memang mimiliki suasana yang sepi dan nyaman sehingga sangat cocok bagi yang ingin menyendiri dan menikmati suasana pantai. Hal ini disebabkan karena letak Pantai Nihiwatu jauh dari keramaian kota dan belum terjamah oleh industri – industri yang ada di Indonesia.

Pantai ini merupakan salah satu tempat favorit untuk berselancar, maka demi menjaga keamanan dan keselamatan peselancar terdapat sebuah aturan yang harus ditepati, yaitu peselancar tidak dapat berselancar bersamaan dalam satu waktu. Batas peselancar yang berselancar disini hanya 10 orang saja, apabila sudah ada 10 peselancar di pantai maka peselancar lainnya harus menunggu giliran. Saat menunggu giliran berselancar, ada beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan seperti memancing, snorkeling, scuba diving, menaiki perahu ke daerah teluk Pantai Konda Maloba, mengamati burung – burung, bersepeda gunung hingga trekking ke air terjun.

Ombak di tempat ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia bahkan merupakan ombak tercepat di dunia. Pantai Nihiwatu ini bahkan berhasil mengalahkan keindahan panorama terkenal di Hawaii, yaitu Hanalei Bay. Hal tersebut membuat Resort Nihiwatu berhasil memenangkan penghargaan sebagai hotel terbaik ke-2 di Indonesia pada tahun 2012. Walaupun pemilik resort ini adalah seorang warga negara asing, namun karyawannya adalah penduduk asli Warga Negara Indonesia dan mereka menjaga dengan baik kebersihan pantai dan fasilitas yang ditawarkan.

Via Merdeka.com

Untuk berkunjung ke Pantai Nihiwatu, apabila anda berangkat dari Pulau Bali tepatnya dari Bandara Ngurah Rai yang berada di Denpasar gunakan pesawat dengan tujuan ke Bandara Tambolaka. Dari Bandara Tambolaka anda bisa menyewa mobil untuk mengantarkan anda ke Pantai Nihiwatu.

Selain Pantai Hotel Nihiwatu menyajikan banyak jenis penginapan dengan fasilitas yang berbeda-beda. Setidaknya, ada 10 jenis penginapan yang ditawarkan di sana, mulai dari vila berbentuk rumah pohon, vila di puncak bukit, vila dengan kolam renang pribadi, vila yang menghadap langsung ke Pantai Nihi, dan masih banyak lagi. Hotel Nihiwatu juga menawarkan berbagai macam paket wisata seperti menjelajah air terjun, mengeksplorasi pulau, melihat kehidupan warga setempat, serta memancing dan berselancar.

Via Cascadeinn

Keistimewaannya berada di lokasi yang strategis dan menawarkan fasilitas kelas atas, salah satu keistimewaan hotel Nihiwatu adalah program social responsibility yang dibuat manajemen hotel. Sebagian keuntungan yang didapat hotel Nihiwatu selalu disumbangkan ke Yayasan Sumba (Sumba Foundation) untuk kemakmuran masyarakat di sekitar hotel. Pihak hotel juga selalu mengajak tamunya untuk mengenal lebih jauh kehidupan penduduk di sekitarnya. Satu hal yang menarik adalah, 90 persen karyawan hotel ini adalah warga lokal.

Sesuai dengan fasilitas dan keistimewaan yang ditawarkan, harga menginap memang terbilang mahal. Harga per malamnya mulai dari 650 dollar AS (sekitar Rp 8,5 juta) untuk vila dengan satu tempat tidur. Sedangkan vila dengan lima kamar biayanya mencapai 12.000 dollar AS (Rp 157 juta). Itu kalau hari biasa, kalau lagi memasuki high season seperti bulan Juni-Oktober dan Desember-Januari, harganya bisa dua kali lipat. Kalau ada rezeki lebih, boleh lah sesekali coba menginap di sana.

Via Destinasiindonesia

Perjalanan menuju ke hotel Nihiwatu cukup naik pesawat dua kali dari Jakarta atau dari kota-kota besar lainnya. Yang penting, kamu harus transit di Denpasar, Bali. Dari Denpasar, kamu terbang lagi sekitar 1,5 jam ke Sumba Barat. Dari bandara Tambolaka, Sumbawa Barat, kamu masih harus melewati jalan darat sekitar 1,5 jam. Perjalanan panjang itu dijamin nggak akan melelahkan karena kamu akan menemui banyak pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Setelah melihat sedikit ulasan di atas, udah nggak heran lagi ya kalau hotel Nihiwatu terpilih menjadi hotel terbaik di dunia. Intinya, konsep pelayanan mereka emang luar biasa! Mereka nggak cuma menawarkan kamar yang nyaman dan pemandangan yang indah, tapi juga pelayanan yang ramah kepada para tamu. Mereka juga nggak semata-mata memikirkan kepentingan bisnis aja, tapi juga menumbuhkan semangat membangun masyarakat di wilayah Sumba dan sekitarnya.

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :