×

Healthy

Mengonsumsi Makanan Pedas Bikin Kurus?

Liani • 7 hari yang lalu

Mengonsumsi Makanan Pedas Bikin Kurus? 

Nah, ternyata cabai yang memberikan rasa pedas alami, sangat bermanfaat untuk kesehatan secara alami, termasuk penurunan berat badan. Tidak heran kalau sekarang banyak yang memakai makanan pedas sebagai salah satu program diet. Rasa pedas yang didapat dari cabai berasal dari zat capsaicin. 

Senyawa inilah yang membantu penurunan berat badan tanpa mengorbankan keselamatan. Soalnya, senyawa capsaicin bisa membuat lebih cepat kenyang. Sebuah penelitian dalam Clinical Nutrition yang melibatkan sebanyak 27 peserta menemukan kalau kelompok orang yang makan makanan pedas lebih cepat kenyang. Bahkan penelitian tersebut juga menemukan kalau orang yang suka makan pedas cenderung lebih sedikit mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula. 

Selain itu, makanan pedas bisa membakar kalori lebih banyak dan membuat metabolisme meningkat. Ketika Anda makan makanan pedas, senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai membantu pembakaran kalori lebih banyak dan cegah. Jadinya, Anda terasa lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah penimbunan lemak dalam tubuh. Berikut yang terjadi jika kamu makan pedas:

Nafsu makan

Banyak mengonsumsi makanan pedas ternyata membuatmu kurang nafsu makan nih. Menurut artikel di Chemical Senses pada 2012, penelitian mengatakan bahwa cabai itu mengurangi keinginan manusia untuk makanan berlemak, manis, dan asin. Jadi, kamu terus berfokus mengonsumsi makanan pedas sehingga kamu tidak tertarik mencoba makan yang lain.

Metabolisme

Selain mengurangi nafsu makan, makanan pedas ini justru meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Menurut pendapat Senses Kimia, dapat meningkatkan jumlah energi yang kamu keluarkan. Sementara hasil dari berbagai penelitian bervariasi, makanan pedas dapat membantu tubuh kamu membakar sebanyak 119 kalori per hari.

Mudah kenyang

Saat kamu mengonsumsi makanan pedas mungkin kamu mudah merasa kenyang dengan cepat, lalu bisa saja kamu menyisakan makananmu. Hal itu terjadi karena senyawa capsaicin yang ada pada cabai membantu pembakaran kalori lebih banyak. Jadinya, kamu merasa lebih cepat kenyang sehingga mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Pembakaran lemak

Lebih parah dari itu, ternyata makanan pedas juga bisa membakar lemak-lemak yang ada di tubuhmu. Pada 2008 lalu, dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyelidiki efek dari makanan pedas bisa membantu pengeluaran energi dan lemak pada tubuh.

Tapi, jangan makan banyak-banyak, ya. Nanti bisa bikin sakit perut, melukai usus, diare dan gangguan pencernaan lainnya. 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :