×

Tutorial & Life Style

Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Liani • 18 hari yang lalu

Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Jilbab adalah perlindungan hebat untuk kesehatan rambut karena rambut Anda tidak akan pernah terkena paparan lingkungan luar seperti matahari, angin, udara, hujan, dan asap polusi. Selain itu, wanita berhijab juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menghabiskan berkaleng-kaleng hairspray dan menggunakan produk penataan rambut lainnya, yang dapat berperan terhadap kerusakan rambut dan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

Tapi, jangan juga menjadikan berhijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut Anda. Rambut Anda justru memerlukan perawatan dan perhatian ekstra karena menghadapi kondisi yang berbeda sama sekali di bawah jilbab Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut berhijab Anda:

Sebelum mandi, sisir dulu rambut Anda

Via Cantik.tempo.co

Sisir rambut Anda dengan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Langkah ini terlihat sepele namun sangat penting karena Anda biasanya menata rambut Anda dalam ikat kuda atau sanggulan, dan ini sering meremas rambut. Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok.

Gunakan shampo khusus kulit kepala sensitif/rambut rusak atau non-kondisioner

Via Tribunnews.com

Rambut berhijab cenderung berminyak dan lembap. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Penting untuk selalu memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

Masker rambut adalah sahabat Anda

Via Seratus.id

Coba untuk deep-moisturise rambut Anda dengan minyak rambut bervitamin seminggu sekali. Jika Anda tidak dapat menemukan minyak rambut komersil, racik dua-tiga jenis minyak alami (minyak zaitun, minyak almond, minyak biji bunga matahari — apapun) untuk meramu sebuah masker rambut yang menakjubkan. Seminggu sekali, duduk di bawah paparan matahari pagi tanpa berhijab dan pijat-pijat kepala Anda selama 20 menit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan dicerna oleh tubuh untuk mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala.

Biarkan rambut sepenuhnya kering sebelum memakai jilbab

Via Gaya Rambut.org

Hindari mengikat rambut Anda dan memakai jilbab saat rambut Anda masih basah. rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga mengikat itu erat saat basah akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Belum lagi, ini juga dapat menyebabkan ketombe.

Mengenakan jilbab tidak berarti Anda selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

 

Jangan ikat rambut terlalu kencang

Via Dailymoslem

Kadang, kita tidak menyadari fakta bahwa untuk menjaga rambut kita tetap rapi tanpa ada cuatan rambut di sana-sini, kita mengikat rambut begitu keras sampai kaku. Hindari melakukan hal ini. Selalu lebih baik untuk menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut rontok. Satu hal yang perlu diingat: selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.

 

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :