×

Viral Today

MUSHAF AL QURAN TERBESAR DI DUNIA BERADA DI LAMONGAN-Jawa Timur

Liani • 12 hari yang lalu

MUSHAF AL QURAN TERBESAR DI DUNIA BERADA DI LAMONGAN-Jawa Timur

Mushaf ,  Al Quran  raksasa bakal muncul dari Lamongan. Untuk kepentingan ini, kertas diimpor dari Perancis. Sedangkan tintanya diimpor dari Jerman.Butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan ,  Al Quran  yang ditulis tangan ini.Al Quran raksasa ini memiliki ukuran 240 X 155 X 18 sentimeter.Melalui tangan terampil Ustaz Rusdi Aliuddin, ,  Al Quran  raksasa itu sudah memasuki tahap finishing.

Mushaf ,  Al Quran  yang dibuat pengasuh Ponpes Yayasan Nurul Iman ,  Al Quran  ini memiliki berat sekitar 4 kuintal. Tinggi huruf dalamAl Quran ini sekitar 7 sentimeter. “Kami memakai kertas canson dari Perancis,” ungkap Rusdi. Butuh 400 botol tinta untuk menyelesaikan mushaf.

Sementara ,  Al Quran  raksasa ketiga ini akan disimpan di Masjid Agung Lamongan. Sambil menunggu renovasi masjid dan meja baca  berukuran 350 cm X 255 cm selesai,  Al Quran  raksasa itu disimpan di pondok pesantren milik Rusdi. “Semoga ini menumbuhkan kecintaan membaca Al quran,” katanya.

Untuk menyelesaikan mushaf, membutuhkan sebanyak 400 botol tinta. Semua dikerjakan secara manual, termasuk goresan menggoreskan tinta di lembar kertas menggunakan alat tulis kaligrafi dan juga dengan ranting bambu (carang, red) yang dibentuk khusus. Rusdi tak menemui kendala apapun selama mengarahkan Al quran raksasa ini. Hanya karena usia sang penulis yang terkadang lupa.

Terkait keabsahan dan kebenaran penulisan ayat dan surat, menurut Rusdi yang ditemui menjamin tidak perlu diragukan lagi. Sebab, praktik penulisan atau pembuatannya berbekal Al-Qur'an yang sudah ada yang kemudian ditulis ulang di kertas berukuran besar ini.

Via Tribunnews.com

Diakui, pesanan mushaf Al-Qur'an ini merupakan program dari Pemkab Lamongan" Saya yang mengerjakannya, dengan waktu pengerjaan sekitar 2 tahun," ujar Rusdi. Pembuatannya cukup sederhana, mula-mula, jelas Rusdi, menjepit kertas ukuran raksasa tersebut memakai alat khusus. Dan tinggal menulis dengan menyontek Al -quran. Rusdi memang sang pengasuh Ponpes yang faham batik tentan penulisan khot (penulisan arah, red). Bekal kemampuan khot itulah yang menunjang kemafhumannya menulis ulang 30 juz ayat AL quran yang dituangkan dalam ukuran besar. Kesulitannya hampir tidak ada, mungkin karena faktor usia. "Hanya ingatan kurang agak begitu tajam," katanya.

Rusdi mengungkapkan, sepanjang pengetahuannya, mushaf Al-Qur'an yang ia buat atas permintaan Pemkab Lamongan ini adalah yang terbesar sedunia dari Alqur'an yang berbahan kertas.

"Yang di Banyuwangi ataupun di Jakarta, ukurannya hanya 2 x 1,5 meter," katanya. Rusdi mengaku sebelumnya sudah menyelesaikan 2 Al Qur’an besar berukuran 1 meter yang saat ini sudah berada di salah satu Masjid di Kecamatan Deket, Lamongan. Sementara Al-Qur'an raksasa ketiga ini rencananya akan disimpan di Masjid Agung Lamongan. Sembari menunggu renovasi masjid dan meja baca berukuran 350 cm x 255 cm selesai dibuat, Al-Qur'an sementara disimpan di pondok pesantren Rusdi.

"Semoga menumbuhkan kecintaan membaca Al Qur’an" katanya. Besuk di akhirat Al Qur’an yang akan perduli menolong bagi siapapun yang senang membaca dan memahaminya.





Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :