×

Traveling

Panduan Destinasi Ternate

Liani • 2 bulan yang lalu

Panduan Destinasi Ternate

Ternate adalah salah satu wilayah terindah di Indonesia bagian Timur, yang juga merupakan bagian dari Propinsi Maluku Utara. Pulau-pulau di gugusan Maluku Utara merupakan  sumber cengkeh dunia yang melegenda. Pedagang India, Arab, Cina dan Jawa sering berkunjung ke Ternate, Tidore, dan Banda yang menjadi sumber rempah-rempah dunia.

Mereka pulang membawa komoditi berharga itu ke negara asal untuk dijual dengan harga tinggi. Cengkeh, bersama-sama dengan pala dan fuli itu begitu berharga senilai emas kerena digunakan sebagai bumbu makanan dan untuk mengawetkan makanan atau sebagai bahan obat-obatan. Sebab itu Pulau Ternate disebut sebagai pulau rempah.

Ternate dan Tidore adalah dua pulau kecil yang hampir sama besarnya. Berlokasi di sebelah barat pulau utama, yaitu Halmahera. Kedua pulau ini saling berhadapan satu sama lain dan dipancang oleh gunung api yang muncul dari Laut Maluku yang dalam.

Gunung api di pulau Ternate memberikan tanah subur dan pantai dengan pasir hitam yang berkilauan. Anda akan melihat seluruh pulau dihiasi oleh perahu berwarna-warni dalam berbagai ukuran berbaring di air dangkal berbatu dan terlindung oleh pohon kelapa yang menari-nari tertiup angin sejuk.

Via Ternatekota.go.id

Di sini Anda akan menemukan banyak masjid di sepanjang jalan. Hampir selang beberapa ratus meter bahkan puluhan meter terdapat masjid atau mushalla. Mayarakat Tidore terkenal kuat menjalankan ajaran Islam dan ramah pada pengunjung.

Pulau Ternate sendiri memiliki luas sekitar 1.118 km persegi dan merupakan bagian dari tubuh Gunung Gamalama yang kakinya terbenam di bawah laut. Ketinggian Gunung Gamalama bila diukur dari permukaan laut hanya 1.715 meter namun jika diukur dari dasar laut mencapai 3.000 meter.

Ada beberapa cara untuk pergi ke Ternate, cara yang murah tapi agak lama adalah pergi ke Ternate dengan kapal laut. Cara paling cepat dan efisien tentunya adalah dengan naik pesawat terbang ke Ternate.

Pergi Ke Ternate Dengan Pesawat Terbang

Pergi Ke Ternate Dengan Kapal Laut

Terdapat beberapa hotel dan penginapan di Ternate Tengah dan Ternate Selatan. Di Kota Ternate sendiri tersedia penginapan dari Losmen hingga Hotel Berbintang 4. Sebuah Hotel Bintang 4 International terletak di Pusat Kota Ternate.Hotel Internasional di Ternate ini mungkin menjadi hotel terbaik dan terbaru yang bisa menyambut Anda dengan kehangatan dan keramahan khas Indonesia Timur. Hotel International ini menawarkan kombinasi unik dari desain kontemporer dengan fasilitas bintang empat yang elegan dan modern.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :