×

Tutorial & Life Style

Penting Suplemen Untuk Kulit

Liani • 15 hari yang lalu

Penting Suplemen Untuk Kulit

Pada dasarnya yang terpenting dari tubuh dan kulit adalah agar tubuh dan kulit sehat. Untuk dukungan asupan makanan, yang terpenting adalah mengkonsumsi makanan seimbang nutrisi dan juga memperhatikan asupan anti-oksidan. Dalam dunia medis, vitamin C dikenal juga sebagai asam askorbat. Vitamin ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Maka itu, kamu perlu asupan vitamin C dari luar. Misalnya dari makanan, suplemen, atau produk skincare.

Vitamin C punya banyak manfaat untuk tubuh. Selain meningkatkan kerjas sistem imun, menjaga tulang dan gigi, vitamin C juga dapat menjaga kecantikan kulit.

 Di dalam tubuh, vitamin C dibutuhkan untuk mengoptimalkan produksi kolagen. Senyawa kolagen ini merupakan protein yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit tetap kenyal dan nggak mudah kendur. Di samping itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat yang bertugas melawan radikal bebas.

Radikal bebas adalah agen perusak kulit yang bersumber dari sinar UV A dan UV B matahari, polusi udara, asap rokok, emisi kendaraan, dan kotoran. Apabila kulit terpapar radikal bebas dalam jangka waktu lama, maka efeknya bisa mempercepat penuaan, memicu hiperpigmentasi (penggelapan kulit), jerawat, flek hitam, dan warna kulit tidak merata.

Nah, vitamin C melindungi kulitmu dari semua efek buruk tersebut. Vitamin C juga menjadi bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit sekaligus mencegah peradangan.

Terdapat beberapa komponen atau indikasi kulit sehat:

  • Warna kulit rata, tidak ada bintik-bintik gelap.
  • Halus, tidak ada benjolan, jerawat, keriput, dll.
  • Tidak kering (terhidrasi)
  • Sensasi normal, tidak ada rasa gatal, panas, dll.

Secara alami, vitamin-vitamin tersebut bisa didapatkan melalui konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, seafood dan minyak. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Selain vitamin-vitamin tersebut, antioksidan lainnya dapat berupa bentuk lainnya misalnya glutation, astaxanthin, collagen ataupun melatonin.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :