×

Food

Rempah-rempah Indonesia Yang Jarang kita Tau

Liani • 6 hari yang lalu

Rempah-rempah Indonesia Yang Jarang kita Tau

Sebagai orang Indonesia pasti kita sudah familiar sama beberapa rempah - rempah. Hal ini karena banyak masakan khas daerah di Indonesia menggunakan bermacam - macam rempah. 

Apalagi masakan Indonesia terkenal akan citarasanya yang sedap dan mantap. Rahasianya tentu dari aneka rempah-rempah yang menjadi bumbu masakan.

Sejak jaman dahulu, Indonesia memang sudah terkenal dengan kearifan lokalnya dari kekayaan rempah-rempahnya. Bahkan sampai para pedagang dari berbagai negara berbondong-bondong datang ke Nusantara demi untuk bisa memperoleh berbagai rempah-rempah yang ada di Indonesia.

Sekarang ini sudah banyak kita temukan ada berbagai macam jenis bumbu yang sangat bervariasi, baik dari segi bentuk, rasa, maupun kegunaannya. Semua itu tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan Anda pun juga bisa membuat dan mengolah bumbu racikan Anda sendiri dengan menggunakan mesin pembuat bumbu untuk bisa menghasilkan bumbu kering maupun bumbu basah. Apalagi dengan bisa membuat bumbu olahan sendiri Anda memiliki peluang untuk menjadikannya sebagai bisnis bumbu olahan, karena jaman sekarang banyak orang yang memilih cara yang praktis dalam memasak suatu makanan.

Angkak

Via Manfaat

Mungkin banyak diantara Anda yang belum terlalu mengenal dengan salah satu bahan bumbu masak yang satu ini, yaitu Angkak. Karena memang masakan Indonesia tidak banyak yang menggunakan bumbu angkak. Biasanya angkak banyak digunakan untuk masakan Cina. Bumbu ini berasal dari beras ketan yang difermentasikan  dan setelah itu dikeringkan. Angkak memili warna kemerahan dan sedikit kusam, angkak secara tradisional pun telah lama dimanfaatkan sebagai bumbu, pewarna dan obat, termasuk di antaranya adalah obat demam. Jika Anda ingin menggunakan angkak sebagai pewarna sebaiknya  haluskan angkak bersama bumbu yang lain.

 Andaliman

Via Resepkoki

Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah. Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, jadi banyak orang dari daerah lain yang menyebut rempah ini sebagai “merica batak”. Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai salah satu bumbu yang tak tergantikan.

 Klabet

Via Tentangkita

Klabet memiliki bentuk butiran mungil seperti kerikil dan sering digunakan dalam racikan menu berempah. Pada umumnya dijadikan bumbu masakan India, Pakistan, dan Sri Lanka. Di Indonesia sendiri, rempah klabet juga sering dimanfaatkan khususnya di wilayah Aceh, sebagai bumbu dalam masakan kari, gulai, dan juga kalio.

Cara untuk menggunakan klabet pada masakkan itu cukup mudah, yaitu dengan menambahkan klabet yang sudah disangrai, kemudian dimasukkan ke dalam masakan. Klabet yang sudah disangrai biasanya memberikan aroma semerbak yang enak dan juga teksturnya yang kuat.

Bumbu Ngohiong

Via Bukalapak

Bagi Anda penggemar ‘Chinese food’ pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini. Rempah ini merupakan perpaduan berbagai jenis rempah yang menjadi satu. Salah satu bumbu khas masakan Cina yang bisa mengoyang lidah penikmatnya. Ngohiong yang populer dengan sebutan ‘five spice powder’ merupakan perpaduan rasa dari lima bumbu yang dicampur jadi satu. Adas, cengkeh, merica, pekak dan kayu manis dan ditumbuk jadi satu. Menciptakan rasa manis, asam, pedas, pahit dan asin. Bumbu yang memiliki aroma unik ini biasanya dipakai untuk membumbui hidangan  panggang seperti ayam dan daging.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :