×

Food

Resep Mie Aceh dan Asal-Usulnya

Liani • 4 bulan yang lalu

Resep Mie Aceh dan Asal-Usulnya

Mie Aceh merupakan masakan mie pedas khas dari Aceh. Mie yang berwarna kuning dan tebal ditambah dengan irisan daging sapi, daging kambing, maupun makanan laut (udang dan cumi) yang disajikan dengan sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh sendiri ada dua jenis, yaitu Mie Aceh Goreng (bentuknya kering dan digoreng) serta Mie Aceh kuah (bentuknya seperti sup). Mie aceh dilengkapi dengan irisan bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, ketimun, dan jeruk nipis. 

Mie aceh adalah masakan daerah yang sudah menyebar di Indonesia, banyak warung makan aceh yang menjual mie aceh dan menjadi favorit bagi masyakat Indonesia. Jika dilihat dari sejarahnya, kuliner Aceh tidak lepas dari pengaruh budaya lokal masyarakat Aceh sendiri yang digabungkan dengan budaya asing yang akhirnya membentuk wilayah Aceh di masa lalu. Terlebih lagi Aceh di zaman dahulu terkenal sebagai pintu atau pelabuhan utama di wilayah Sumatera dan sekitarnya.

Mie aceh memang sangat terkenal. Namun, tidak ada yang tahu persis darimana asal usul dari mie aceh itu sendiri. Dalam buku-buku sejarah Aceh pun tidak ada yang menemukan ihwal mula dari mie aceh. Walaupun begitu, ada yang bilang mie aceh merupakan kombinasi dari Aceh, India, dan China dimana mie berasal dari China, India sebagai pencetus kari yang kental dan Aceh dengan bahan-bahan yang kaya akan bumbu sehingga terciptalah mie aceh.

Bahan-bahan

6-7 porsi

500 gram mie kuning basah

5 ekor cumi 250 gram kepiting

10 ekor udang

5 sdm kecap manis

2 sdm kecap asin

100 ml air

Diiris:

3 lembar daun sawi

3 lembar daun kol

1 batang daun bawang

3 batang daun seledri

1 genggam tauge

2 siung bawang merah

1 siung bawang putih

Bumbu halus:

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

5 kapulaga

1 sdt jinten

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 sdt lada

1/2 sdt tumbar

4 kemiri disangrai sebelumnya

5 cabe merah keriting

3 cabe rawit

1 sdm garam

Langkah

Irisan bawang merah dan bawang putih digoreng, kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan kepiting dan udang. Tambahkan air, tunggu hingga mendidih.

Kemudian masukkan mie basah, tambahkan kecap asin dan kecap manis. Aduk hingga rata.

Selanjutnya masukkan irisan kol, sawi, tauge, daun bawang dan seledri.

Aduk hingga merata, tunggu 5 menit. Kemudian mie aceh siap diangkat dan disajikan.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :